Gabung Persib Bandung, Essien Disindir Netizen dari Ghana

Rabu, 15 Maret 2017 16:56 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Stu Forster/Getty Images
Michael Essien dan Derek Boateng merayakan keberhasilan Ghana mengalahkan Tim Nasional Amerika Serikat di Piala Dunia 2006 Jerman. Copyright: © Stu Forster/Getty Images
Michael Essien dan Derek Boateng merayakan keberhasilan Ghana mengalahkan Tim Nasional Amerika Serikat di Piala Dunia 2006 Jerman.

Persib Bandung resmi mendapatkan tanda tangan ikon sepakbola Ghana, Michael Essien. Dikontrak selama satu tahun, ia mengenakan jersey bernomor punggung 5 di Maung Bandung.

Di dalam kontrak, manajemen klub bisa menambah durasi masa kerja selama satu tahun lagi andai gelandang berusia 34 tahun tersebut berhasil menampilkan performa impresif di musim perdananya.

Persib Maung Bandung mengumumkan bergabungnya Essien pada hari Senin tanggal 13 Maret kemarin. Mantan pemain Bastia, Lyon, Chelsea, Real Madrid, AC Milan, dan Panathinaikos itu diyakini bakal menjadi pemain dengan gaji paling tinggi di Indonesia, setidaknya musim 2017 ini.

Kabarnya, ia menerima gaji senilai 800 ribu euro atau setara Rp11,3 miliar per tahun, lebih sedikit ketimbang gaji yang ia dapatkan di Panathinaikos (Rp17 miliar - 23,4 miliar per musim).

Meski disambut gembira di Indonesia, ternyata di Ghana, negeri asalnya, tidak demikian. Beberapa rakyat Ghana ada yang menyayangkan keputusan Essien untuk melanjutkan kariernya di Indonesia.

Dilansir dari sebuah forum bernama ghanaweb, sejumlah netizen ada yang mempertanyakan masalah gaji Essien yang dinilai terlalu rendah. Sebagian lainnya juga menyarankan pemain idola Timnas Ghana itu untuk lebih memilih China atau Amerika Serikat.

"Dari gaji jutaan euro, turun jadi ratusan ribu euro saja," sindir pemilik akun Baggio-D'GO perihal gaji 'rendah' yang Essien dapat di Persib Bandung.

Netizen asla Ghana memberikan komentar pedas terkait kepindahan Michael Essien ke Persib Bandung.

Menariknya, meski mendapat gaji yang tak setinggi di klub-klub lamanya, masih ada saja netizen yang mengatakan jika Essien adalah pesepakbola matre. Sam Paul, salah satu netizen, mengklaim, "Saya selalu mendengar hal negatif tentang dia. Essien itu matre. Lihat itu Selley Ali Muntari dan Kevin Prince Boateng, jauh lebih baik kondisinya."

"Semua itu karena Essien adalah orang jahat. Masih ingat bagaimana dia tak menganggap ayahnya sendiri ketika hidupnya menjadi lebih baik."

Kendati demikian, tetap ada yang mendukung keputusan Essien untuk hijrah ke Indonesia. Mereka beranggapan jika orang-orang hanya iri saja melihat kesuksesan pemain berjuluk Bison itu yang bergelimang harta melimpah.

"Jangan dengarkan orang-orang itu Michael (Essien). Kegaduhan yang mereka ciptakan tak akan berimbas banyak buatmu," kata pemilik akun Kwame.

3K