Geser Maldini, Casillas Cetak Rekor di Eropa

Rabu, 15 Maret 2017 10:49 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Emilio Andreoli/Getty Images
Iker Casillas pasca melawan Juventus. Copyright: © Emilio Andreoli/Getty Images
Iker Casillas pasca melawan Juventus.

Iker Casillas kembali menelan kekalahan saat melawan Juventus di ajang Liga Champions. Pada leg pertama sebelumnya, mantan kiper Real Madrid itu menelan kekalahan 0-2 di Estadio do Dragao, kandang Porto.

Kekalahan kedua terjadi tatkala The Dragons berkunjung ke Turin, dalam lanjutan leg kedua Liga Champions di Juventus Stadium. Lagi-lagi, Casillas dkk harus menelan kekalahan 1-0 dari tuan rumah melalui gol titik putih Paulo Dybala di menit 42.

Namun, mantan kiper Timnas Spanyol tersebut patut berbangga diri. Pasalnya, ia kembali memecahkan rekor untuk dirinya sendiri sebagai orang pertama yang tampil sebanyak 175 kali dalam kejuaraan UEFA.

Jumlah tersebut mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh legenda AC Milan, Paolo Maldini. Sebelum memutuskan untuk pensiun, Maldini tampil sebanyak 174 kali di segala ajang yang diadakan oleh UEFA.

Rekor 175 laga di kancah Eropa itu sebagian besar terjadi saat dirinya masih membela Real Madrid. Laga debut di Liga Champions Casillas lakukan saat masih remaja, yaitu 18 tahun 3 bulan 23 hari, saat bermain imbang 3-3 melawan Olympiakos pada bulan September 1999.

Sepanjang kariernya bermain di kancah Eropa, Casillas telah memenangkan 3 Piala Champions, dan 2 Piala Super UEFA. Dalam perjalanannya di kancah Eropa, kiper kelahiran 35 tahun silam ini telah memenangkan 99 pertandingan, dan mencetak 57 kali clean sheets.

532