Riwayat Cedera Essien yang Bisa Menjadi Mimpi Buruk untuk Persib

Rabu, 15 Maret 2017 10:02 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Michael Essien diperkenalkan sebagai pemain baru Persib Bandung. Copyright: © Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Michael Essien diperkenalkan sebagai pemain baru Persib Bandung.

Persib Bandung telah resmi mendapatkan jasa mantan pemain Chelsea, Michael Essien. Eks Real Madrid itu dikontrak selama satu tahun lebih dengan opsi perpanjangan kontrak. Pemain berumur 34 tahun tersebut mendapat gaji senilai 800 ribu euro atau setara dengan Rp11,3 miliar.

Dengan harga yang cukup mahal, Essien diharapkan bisa membawa Persib berprestasi atau mempertahankan gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 di Liga 1 mendatang. Tak hanya itu, pemain berumur 34 tahun tersebut juga diharapkan bisa memberikan pengalamannya kepada para pemain Maung Bandung.

Namun, bukan tidak mungkin Essien bakal menjadi hambatan Persib untuk meraih prestasi. Pasalnya, pemain asal Ghana itu memiliki riwayat cedera yang cukup panjang.

Michael Essien saat diperkenalkan menjadi pemain baru Persib Bandung.

Dilansir dari situs transfermarkt, Essien pernah menderita cedera ligamen saat membela Chelsea pada musim 2008/09. Ia absen selama 173 hari atau 37 pertandingan.

Musim selanjutnya, cedera ligamen Essien sempat kambuh. Ia absen selama 28 hari atau enam pertandingan bersama Chelsea.

Cedera Essien tambah karena adanya kerusakan ligamen saat membela Chelsea di musim 2009/10. Ia absen selama 178 hari atau 24 pertandingan. Pada musim 2011/12, cedera Essien kembali kambuh. Ia pun harus absen selama 184 hari atau 30 pertandingan.

Michael Essien saat memperkuat AC Milan.

Musim berikutnya, Essien memulai petualangan baru bersama AC Milan. Di Milan, Essien mendapat dua kali cedera.

Ia mengalami cedera sobek pada otot filber, dan harus absen selama 22 hari atau tiga pertandingan. Cederanya kembali kambuh hingga memaksanya kembali absen 60 hari atau 10 pertandingan di musim 2014/15 bersama Milan.

Cedera terakhir yang diderita Essien terjadi saat membela Panathinaikos pada musim 2015/16. Essien menderita cedera robek otot aduktor. Ia harus absen selama 92 hari atau 11 pertandingan.

826