3 Pemain Top Nomor Punggung 5 di Persib Sebelum Essien

Rabu, 15 Maret 2017 12:26 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Michael Essien diperkenalkan sebagai pemain baru Persib Bandung. Copyright: © Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Michael Essien diperkenalkan sebagai pemain baru Persib Bandung.

Persib Bandung telah resmi mendapatkan jasa mantan pemain Chelsea, Michael Essien. Eks Real Madrid itu dikontrak selama satu tahun lebih dengan opsi perpanjangan kontrak. Pemain berumur 34 tahun tersebut mendapat gaji senilai 800 ribu euro atau setara dengan Rp11,3 miliar.

Pemain asal Ghana itu akan mengenakan nomor punggung 5 di Persib. Essien menerima warisan nomor punggung yang dikenakan Diogo Ferreira saat bersama Persib di kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 lalu.

Namun sebelum Diogo, nomor punggung 5 di Persib sudah dikenakan beberapa pemain hebat. Akan tetapi, hanya tiga nama top di Persib yang melekat dengan nomor punggung tersebut. Siapa saja mereka?

1. Maman Abdurrahman

Maman Abdurrahman pernah mengenakan nomor punggung 5 saat membela Persib Bandung dari tahun 2008-2013. Pemain yang kini berumur 34 tahun itu menjadi sosok sentral di lini belakang Maung Bandung ketika itu.

Maman Abdurrahman.

Sayang, pemain kelahiran 12 Mei 1982 tersebut gagal membawa prestasi untuk Persib. Kemudian, ia hengkang ke Sriwijaya FC pada musim 2013/14.

2. Patricio Jimenez

Sebelum Maman Abdurrahman datang, nomor punggung 5 di Persib Bandung merupakan milik Patricio Jimenez. Pemain yang kini berumur 40 tahun itu menjadi sosok tanggung di lini belakang tim Pangeran Biru dari tahun 2006-2007.

Patricio Jimenez saat ini.

Tak hanya tangguh, pemain kelahiran 23 Juni 1976 itu memiliki hal unik yang selalu dikenang hingga sekarang, ketika berseragam Persib. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu selalu mengeksekusi penalti dengan mata tertutup. Kedua matanya dibalut dengan ikatan kepalanya. Uniknya, sepakan penalti Patricio Jimenez selalu masuk ke jala lawan.

3. Yudi Guntara

Jauh sebelum kedua pemain di atas, nomor punggung 5 di Persib Bandung sejatinya milik Yudi Guntara. Siapa pun pencinta Persib mengingat pemain yang satu ini.

Yudi Guntara merupakan salah satu legenda Persib. Ia pernah mampu membawa tim Maung Bandung meraih gelar juara Perserikatan tahun 1994 dan Liga Indonesia 1995.

Yudi Guntara.

Kehebatan Yudi Guntara di sektor skema penyerang Persib sudah tidak perlu diragukan lagi. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu pernah dipuji pelatih kelas dunia Fabio Capello.

Saat itu, Yudi Guntara membela Persib menghadapi AC Milan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada tahun 1994.

820