Komisi X DPR Setujui Naturalisasi Ezra Walian, tapi...

Kamis, 16 Maret 2017 16:54 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Tengku Sufiyanto
© Tom Dulat/Getty Images
Pemain berdarah Indonesia-Belanda, Ezra Walian. Copyright: © Tom Dulat/Getty Images
Pemain berdarah Indonesia-Belanda, Ezra Walian.

Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui permintaan kewarganegaraan Indonesia bagi pesepakbola tim junior Ajax Amsterdam, Ezra Walian. Keputusan itu dihasilkan setelah rapat antara Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi di Ruang Rapat Gedung Nusantara I Kompleks DPR/MPR, Kamis (16/03/17).

Menurut Wakil Ketua Komisi X DPR, Ferdiansyah, pihaknya menyetujui permintaan kewarganegaraan Indonesia dari Ezra. Namun, ia menyesalkan yang bersangkutan tak hadir dalam rapat.

"Ya (setuju), cuma yang jadi catatan kami, kalau bisa setiap rapat, yang bersangkutan hadir," kata Ferdiansyah.

Suasana rapat Komisi X DPR terkait naturalisasi Ezra Walian.

Selain itu, Ferdiansyah mempertanyakan, dengan disetujuinya kewarganegaraan Ezra, apakah ada dampak signifikan yang didapat, contohnya dalam hal peringkat FIFA. Saat ini, Indonesia bertengger di peringkat 167 pada klasemen FIFA per 9 Maret 2017. 

"Kedua, ada jaminan dari induk cabang olahraga bahwa dengan merekrut ini prestasi apa yang akan Indonesia bisa raih?" ujar Ferdiansyah.

"Karena produknya ini kan sepakbola, tim. Paling tidak secara peringkat Indonesia bisa naik. Dengan menaturalisasikan Ezra, ada jaminan tidak peringkat Indonesia bisa naik di FIFA?" tambah Ferdiansyah.

Dengan begitu, proses naturalisasi pemain berumur 19 tahun tersebut hanya menunggu keputusan Presiden Joko Widodo melalui Kepres (Keputusan Presiden). Ketika surat keputusan keluar, barulah Ezra dan ayahnya resmi dinyatakan sebagai WNI. 

1K