Liga Europa

(CUPLIKAN GOL) Strootman Gagalkan Kemenangan Lyon di Babak Pertama

Jumat, 17 Maret 2017 03:57 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© ANDREAS SOLARO/AFP/Getty Images
AS Roma 1-1 Lyon. Copyright: © ANDREAS SOLARO/AFP/Getty Images
AS Roma 1-1 Lyon.

Kevin Strootman menjadi penyelamat kekalahan AS Roma di babak pertama oleh tim tamu Lyon berkat gol penyama kedudukan di menit ke-17. Skor imbang 1-1 mewarnai papan skor di Stadio Olimpico saat kedua tim saling bersua di leg 2 babak 16 besar Liga Europa.

Pelatih kepala AS Roma, Luciano Spaletti, memutuskan untuk melakukan lima pergantian susunan pemain melawan Lyon. Alisson, Kostas Manolas, Daniele De Rossi, Kevin Strootman, dan Edin Dzeko yang absen di laga melawan Palermo akhir pekan kemarin, kembali masuk starting XI.

Paham betul wajib menang minimal 2 gol tanpa balas membuat Serigala Roma langsung menekan sejak menit awal. Mohamed Salah dan Radja Nainggolan yang diplot sebagai pelayan Dzeko dituntut untuk memberikan performa maksimal di lini serang.

Asik membangun serangan, Roma dikejutkan dengan gol perdana di laga tersebut yang dilesakkan oleh Mouctar Diakhaby di menit ke-16. Bermula dari tendangan bebas yang dieksekusi oleh Mathieu Valbuena, sundulan Diakhaby tanpa ampun menerjang keras gawang Alisson yang tak mampu dihalau.

Semangat juang khas kesatria gladiator membuat skor kembali imbang tatkala gelandang asal Belanda, Strootman, sanggup samakan kedudukan lewat sontekannya memaksimalkan umpan De Rossi. Gol ini hampir mirip dengan gol pertama yang dilesakkan oleh Diakhaby, yakni melalui skema tendangan bebas.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga wasit asal Hungaria, Viktor Kassai, meniup peluit tanda babak pertama berakhir. Melihat hasil ini, Roma wajib setidaknya unggul 3-1.