Menerka Formasi Persib Bandung Usai Kedatangan Essien

  • Michael Essien resmi bergabung dengan Persib Bandung.
  • Ada tiga formasi pilihan untuk Persib Bandung usai mendapatkan jasa Michael Essien.
Jumat, 17 Maret 2017 15:38 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© INDOSPORT/Twitter PERSIB
Michael Essien. Copyright: © INDOSPORT/Twitter PERSIB
Michael Essien.

Berita sepakbola nasional dalam beberapa hari belakangan ini dihebohkan dengan perekrutan mantan pemain Chelsea, Michael Essien oleh Persib Bandung. Tim Maung Bandung mengontrak mantan pemain Real Madrid itu selama satu tahun dengan opsi perpanjangan, jika mampu memberikan prestasi dan bermain apik. Pemain berumur 34 tahun itu dikabarkan menerima gaji kurang dari 800 ribu euro atau kurang dari Rp11,3 miliar.

Kedatangan Essien terasa spesial bagi Persib. Essien yang merupakan mantan pemain top dunia bisa mendongkrak penjualan merchendise dan meningkatkan pendapatan Persib dari segi iklan, sponsor, dan lain-lain. Tak hanya itu, pengalaman Essien di pentas sepakbola Eropa dan dunia diharapkan bisa dipelajari Atep dan kawan-kawan.

Michael Essien saat diperkenalkan menjadi pemain anyar Persib Bandung.

Essien menjadi penggawa Persib dalam ajang kompetisi kasta tertinggi sepakbola Tanah Air, Liga 1 yang akan bergulir pada 15 April mendatang. Ia akan berjuang bersama-sama Hariono cs untuk mempertahankan gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014, ISL nama dahulu Liga 1.

Di sisi lain, PSSI telah menetapkan regulasi pemain Liga 1. Setiap klub hanya memperbolehkan mempunyai dua pemain asing non Asia, satu Asia, dan marquee player. Marquee player adalah pemain yang tidak masuk dalam batasan gaji (salary cap). Artinya diperbolehkan memiliki gaji di atas nominal salary cap

Statistik penampilan Michael Essien.

Syaratnya seorang marquee player harus pernah bermain di salah satu dari tiga edisi terakhir Piala Dunia (2006, 2010, dan 2014). Keistimewaannya tidak masuk tahap pembatasan regulasi setiap klub hanya memperbolehkan mengontrak dua pemain di atas umur 35 tahun, dan pemain asing.

Selain itu, ada regulasi pemain yang menyebutkan setiap klub hanya memperbolehkan mengontrak dua pemain di atas umur 35 tahun. Kemudian setiap klub harus mendaftarkan lima pemain di bawah umur 23 tahun, dan tiga di antaranya wajib starter.

Statistik gaji Michael Essien.

Jika melihat regulasi tersebut, Essien termasuk marquee player. Vladimir Vujovic masuk ke dalam kategori pemain asing non Asia. Shohei Matsunaga merupakan pemain asing asal Asia.

Dengan begitu, Persib berkesempatan untuk merekrut satu pemain asing lainnya dari non Asia. Kabarnya tim Maung Bandung berencana mendatangkan sosok striker asing.

Meski begitu, kedatangan Essien membuat formasi Persib lebih berwarna. Lalu bagaimana formasi Persib jika ada Essien dan mengikuti regulasi dari PSSI, terlepas dari satu pemain asing yang tengah diincar Maung Bandung? Berikut ulasannya yang telah disusun INDOSPORT: