(VIDEO) Jelang Lawan Myanmar, Begini Menu Latihan Perdana Timnas U-22

Jumat, 17 Maret 2017 17:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Tengku Sufiyanto
© Herry Ibrahim/Indosport
Suasana seleksi Timnas Indonesia U-22 beberapa waktu yang lalu. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Suasana seleksi Timnas Indonesia U-22 beberapa waktu yang lalu.

Tim Nasional (Timnas) U-22 Indonesia terus melakukan persiapan untuk melakoni laga uji coba kontra Myanmar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 21 Maret mendatang. Jajaran tim pelatih Timnas U-22 di bawah komando Luis Milla terus menggenjot 26 pemain yang dipanggil, saat melakukan pemusatan latihan perdana, di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH) Karawaci, Tangerang, Jumat (17/03/17) pagi tadi.

Salah satu asisten pelatih Timnas U-22, Bima Sakti menjelaskan bahwa latihan perdana masih fokus melatih penguasaan bola, sirkulasi, dan switch play atau transisi permainan.

"Hari ini latihannya ball possesion, dari tim yang kuasai bola jangan cepat kehilangan bola. Kemudian tim satunya harus berusaha rebut dan cepat melakukan penyelesaian akhir," ujarnya.

"Tadi ada mini game juga, supaya pemain saat bergerak tanpa bola bisa berdiri atau posisinya saling berdekatan. Saat bola di oper ke depan, pemain belakang cepat naik atau bantu supaya berada dekat," tambahnya.

Para pemain Timnas Indonesia U-22 melakukan latihan perdana dalam pemusatan latihan.

Bima Sakti juga menyatakan bahwa pelatih Luis Milla menginginkan anak asuhnya bermain cepat dengan umpan bola pendek. Selain itu, pergerakan atau pertukaran bola maupun pemain harus dilaukan dengan baik. 

"Luis Milla minta passing cepat dan sirkulasi atau perpindahan juga bola harus cepat, apabila di satu sisi sudah ditutup lawan. Switch play bagi pemain juga sangat penting," tutur mantan pemain Persema Malang tersebut.

Pada latihan perdana pagi tadi di lapangan SPH, para pemain Timnas Indonesia U-22 tampak menjalani simulasi pertandingan dengan menggunakan lapangan mini. Hanya ada satu pemain yang absen yakni gelandang serang Bhayangkara FC, Evan Dimas. Ia dikabarkan mengalami cedera pada engkel kaki kirinya.

Berikut cuplikan video latihan perdana Timnas Indonesia U-22:

1.1K