Berbeda dengan Timnas U-19, Skuat Timnas U-22 Belum Jalani Tes Fisik VO2 Max

Minggu, 19 Maret 2017 14:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Gerry Anugrah Putra
© Herry Ibrahim/Indosport
Timnas Indonesia U-22 belum lakukan tes VO2 Max. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Timnas Indonesia U-22 belum lakukan tes VO2 Max.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri telah menggelar tes fisik dalam seleksi tim di Stadion Utama Riau, Rabu (08/03/17) lalu. Namun, tes fisik ternyata belum dilakukan oleh Timnas Indonesia U-22 asuhan pelatih Luis Milla.

Akan tetapi, Timnas Indonesia U-22 bakal segera menggelar tes fisik untuk mengetahui VO2 Max pemain. 

Dokter Timnas, Syarif Alwi menjelaskan bahwa saat ini 26 pemain seleksi bakal menjalani tes kesehatan secara standar seperti pemeriksaan fisik, psikotes dan juga tes elektrokardiogram (EKG) atau pemeriksaan kesehatan terhadap aktivitas elektrik (listrik) jantung.

"Sejauh ini belum ada tes VO2 Max. Pemain baru menjalani pemeriksaan fisik dan laboratorium EKG serta psikotes," jelas dokter Syarif Alwi.

Tes kesehatan untuk Timnas U-22 sejatinya telah dilakukan pada Kamis (16/03/17) lalu dan berlaku bagi 26 pemain yang telah dipanggil oleh Luis Milla. Hasil tes tersebut saat ini belum keluar dan terlebih dahulu akan didiskusikan dengan tim pelatih.

"Mungkin besok pagi baru didiskusikan sama tim pelatih," ujar dokter asal Sulawesi Selatan tersebut secara singkat.

Tes VO2 Max sendiri merupakan indikator kebugaran pemain berdasarkan kemampuan daya serap tubuh terhadap oksigen. Angka ideal VO2 Max untuk adalah di atas 60 karena hal itu berhubungan dengan stamina dan fisik pemain berada di atas lapangan.

900