Serie A Italia

(CUPLIKAN GOL) Sampdoria 0-1 Juventus: Nyonya Tua Kokoh

Minggu, 19 Maret 2017 23:13 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter Squawka News
Juan Cuardrado menjadi penentu kemenangan 1-0 Juventus atas Sampdoria. Copyright: © Twitter Squawka News
Juan Cuardrado menjadi penentu kemenangan 1-0 Juventus atas Sampdoria.

Di menit-menit awal babak pertama, Juventus langsung tampil menekan. Beberapa kali serangan berbahaya dilakukan skuat Nyonya Tua ke jantung pertahanan Sampdoria.

Alhasil, hanya butuh tujuh menit sejak babak pertama dimulai, Juventus berhasil membuka keunggulan lebih dulu atas tuan rumah.

Berawal dari sebuah umpan silang yang dilepaskan oleh Kwadwo Asamoah, Juan Cuardrado yang berada dalam kotak penalti, mampu menyambar umpan tersebut dan tanpa terhalangi menembus gawang Sampdoria. Skor 1-0 untuk keunggulan Juventus.

Meski sudah unggul satu gol, Juventus masih belum mengendorkan pola permainan menyerangnya. Pada menit ke-19, Gonzalo Higuain nyaris menambah keunggulan Juventus.

Berawal dari blunder yang dilakukan pertahanan Sampdoria yang justru memberi operang langsung kepada mantan penyerang Napoli itu. Sayangnya, tembakan keras yang ia lakukan masih mampu ditepis oleh Christian Puggioni.

Memasuki menit ke-27, petakan menghampiri kubu Juventus. Pasalnya, penyerang mereka Paulo Dybala mengalami cedera dan harus digantikan oleh Marko Pjaca.

Hingga menjelang 10 menit berakhirnya babak pertama, Sampdoria masih berada dalam tekanan Juventus. Satu-satunya peluang emas yang bisa mereka ciptakan adalah ketika pada menit ke-15, Bruno Fernandes melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti, yang sayangnya masih mampu dibaca dengan baik oleh Gianluigi Buffon.

Berikutnya, kedua kesebelasan lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah dan membuat skor 1-0 untuk keunggulan Juventus tetap bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Sekembalinya dari ruang ganti, berbeda dari babak pertama, Sampdoria justru lebih dulu mengambil inisiatif serangan. Bila saja kiper Juventus bukan Buffon, anak-anak asuh Marco Giampaolo mungkin sudah dapat mencetak gol penyeimbang lewat tendangan keras Fabio Quagliarella.

Hingga memasuki 15 menit pertama babak kedua, Juventus dipaksa bermain di bawah kendalai tuan rumah. Beberapa kali Karol Linetty dkk mencoba menciptakan peluang, namun selalu terbentur ketatnya lini pertahanan Juventus yang dimotori oleh Andrea Barzagli.

Saat pertandingan sudah menyisakan tujuh menit waktu normal, wasit memberikan kartu kuning kepada satu pemain masing-masing tim, yakni Daniel Alves dan Vasco Regini. Hal itu dilakukan setelah keduanya sempat terlibat adu argumen.

Hingga memasuki masa injury time, Sampdoria yang tampil menyerang habis-habisan masih selalu kesulitan untuk membobol gawang Buffon. Hasilnya, pertandingan pun pada akhirnya berhasil dimenangkan oleh Juventus dengan skor akhir 1-0.

Atas kemenangan ini, Juventus tetap bertahan di puncak klasemen Serie A Italia 2016/17 dengan koleksi 73 poin. Sedangkan Sampdoria harus puas tetap berada di peringkat sembilan dengan total 41 poin dari 29 laga.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Sampdoria (4-3-1-2): Christian Puggioni, Vasco Regini, Milan Skriniar, Matias Silvestre, Jacopo Sala, Edgar Barreto, Lucas Torreira, Karol Linetty, Bruno Fernandes, Luis Muriel, Fabio Quagliarella.
Cadangan: Lorenco Simic, Dodo, Ricardo Alvarez, Titas Krapikas, Patrik Schick, Angelo Palombo, Dennis Praet, Daniel Pavlovic, Filip Djuricic, Bartosz Bereszynski, Wladimiro Falcone, Ante Budimir.
Pelatih: Marco Giampaolo.

Juventus (4-2-3-1): Gianluigi Buffon, Kwadwo Asamoah, Daniele Rugani, Andrea Barzagli, Daniel Alves, Miralem Pjanic, Sami Khedira, Mario Mandzukic, Paulo Dybala, Juan Cuadrado, Gonzalo Higuain.
Cadangan: Giorgio Chiellini, Claudio Marchisio, Alex Sandro, Mario Lemina, Leonardo Bonucci, Marko Pjaca, Neto, Stephan Lichtsteiner, Stefano Sturaro, Tomas Rincon, Emil Audero, Moise Kean.
Pelatih: Massimiliano Allegri.

375