Liga Primer Inggris

(Review) Kuasai Pertandingan, City Ditahan Imbang Liverpool

Senin, 20 Maret 2017 00:29 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Martin Rickett/PA Images via Getty Images
Sterling dan Mane berembut bola. Copyright: © Martin Rickett/PA Images via Getty Images
Sterling dan Mane berembut bola.

Manchester City harus puas dengan skor kacamata di babak pertama saat menjamu Liverpool di Emirates Stadium dalam lanjutan Liga Primer Inggris musim 2016/17 pekan ke-29.

Hujan ringan membasahi rumput Emirates sesaat setelah peluit kick off dibunyikan. Tim yang mampu beradaptasi dengan cepat di lapangan yang licin bakal diuntungkan dengan aliran bola-bola direct langsung ke lini depan.

Tapi The Citizens lebih memilih untuk memainkan bola dari kaki ke kaki. Mengandalkan Yaya Toure dan David Silva sebagai deep lying playmaker dan gelandang serang, City mencoba untuk mendominasi pertandingan.

Di 15 menit pertama, penguasaan bola sangat memihak tuan rumah. Anak asuh Pep Guardiola menguasai sekitar 60 persen posession ball, namun belum ada peluang berarti yang dihasilkan.

Baru di menit ke-20, Silva mampu mengancam gawang Simon Mignolet. Menerima umpan manis Raheem Sterling, gelandang asal Spanyol itu mendapatkan peluang emas, yang sayangnya masih melebar di sisi gawang The Reds.

Di sisa 5 menit terakhir, Liverpool seakan menemukan celah menembus pertahanan Nicolas Otamendi dan kawan-kawan. Namun buruknya penyelesaian membuat skor tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

The Reds yang lebih bermain direct, di sisi lain, justru lebih sering mengancam jala gawang Willy Caballero. Statistik mencatat Sadio Mane dan kawan-kawan melepas 8 tendangan di mana dua di antaranya mengarah ke gawang.

Sebaliknya, City yang unggul total passing dan mendominasi 55 persen jalannya pertandingan hanya sanggup melakukan empat tembakan (satu on goal).

Manchester City (4-2-3-1): Caballero; Fernandinho, Stones, Otamendi, Clichy; Yaya Toure, Sane, De Bruyne, Silva, Sterling, Aguero
Cadangan: Bravo, Sagna, Fernando, Nolito, Kolarov, Iheanacho, A. Garcia

Liverpool (4-3-3): Mignolet; Clyne, Matip, Klavan, Milner; Can, Wijnaldum, Lallana; Mane, Coutinho, Firmino.
Cadangan: Karius, Moreno, Alexander-Arnold, Woodburn, Lucas, Lovren, Origi