Pique Sindir Formasi Baru Enrique

Selasa, 21 Maret 2017 01:33 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© GettyImages/INDOSPORT
Bek tengah Barcelona, Gerard Pique (insert: Luis Enrique). Copyright: © GettyImages/INDOSPORT
Bek tengah Barcelona, Gerard Pique (insert: Luis Enrique).

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini menyindir formasi 3-4-3 baru Barcelona digunakan oleh sang pelatih Luis Enrique.

Pique mengatakan jika formasi tersebut membuat lini pertahanan timnya justru menjadi rapuh dan rentan kebobolan.

Bahkan, pasangan dari penyanyi ternama dunia, Shakira ini menegaskan jika pertahanan Barcelona menjadi harus bekerja keras dalam formasi tersebut. Formasi tersebut juga dinilainya membuat Barca meninggalkan gaya khas bermain mereka, yaitu menyerang.

“Mereka (tim pelatih) membuat kami harus mengambil risiko. Kami ini kan tim ofensif, kami ingin menyerang, tapi sekarang lini belakang kami jadi lebih sedikit menderita, karena ada banyak ruang di area pertahanan kami dan kami sekarang harus beradaptasi dengan formasi itu,” ujar Pique dilansir Sportsmole.

Gerard Pique, mengkritik formasi 3-4-3 baru dari Luis Enrique.

Harus diakui, dapat dikatakan jika formasi 3-4-3 yang telah lama memudar, kini di musim 2016/17 ini kembali dicuatkan lagi oleh pelatih Chelsea, Antonio Conte.

Formasi ini sangat berhasil bagi klub London Barat tersebut, hingga akhirnya formasi 3-4-3 ini mulai diikuti oleh sejumlah klub elite Eropa, selain Enrique di Barcelona, ada juga eks pelatih Chelsea, Jose Mourinho yang menerapkan ke dalam tim barunya, Manchester United.

Hanya saja, formasi 3-4-3 ini harus disesuaikan dengan komposisi pemain serta tim yang mampu menjalankannya dengan baik. Boleh jadi, apa yang diungkapkan oleh Gerard Pique itu benar adanya, yakni Barcelona merupakan sebuah tim yang dikenal dengan penyerangannya yang baik.

Formasi 4-3-3 memang sudah sangat ideal bagi klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut, terlebih tiga penyerang mereka yang dikenal dengan sebutan Trio MSN, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar Jr ini masih sangat tajam di lini depan.

332