(VIDEO) 5 Kiper Top yang Jadi Korban Keganasan Essien

Selasa, 21 Maret 2017 11:24 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Hendra Mujiraharja
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Gianluigi Buffon dan Joe Hart pernah dibobol gawangnya oleh Michael Essien. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Gianluigi Buffon dan Joe Hart pernah dibobol gawangnya oleh Michael Essien.

Persib Bandung baru saja mendatangkan salah satu gelandang terbaik dunia, Michael Essien. Pemain berumur 34 tahun itu dikontrak selama  satu tahun lebih dengan opsi perpanjangan kontrak.

Kemampuannya dalam mengamankan lini tengah tidak perlu diragukan. Tembakan yang keras serta fisik yang kuat melengkapi perannya sebagai pemain tengah. 

Memang, Essien tidak selalu mencetak gol. Namun, beberapa gol yang ia hasilkan tidak jarang membuat fans atau penonton yang menyaksikan berdecak kagum.

Sejumlah kiper kelas dunia sempat dibuat tak berdaya oleh Michael Essien. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya yang disusun oleh INDOSPORT

  •  Gianluigi Buffon 

Michael Essien mencetak gol penyeimbang saat Chelsea menghadapi Juventus pada leg kedua Liga Champions musim 2008/09 di Stadio Olimpico, pada laga yang berlangsung 10 Maret 2009.

Saat itu, Chelsea sempat tertinggal terlebih dahulu lewat gol Vincenzo Iaquinta. Essien yang lolos dari penjagaan pemain belakang Juventus mampu memanfaatkan bola muntah hasil sepakan keras Frank Lampard.

Essien pun dengan tenang menceploskan bola ke gawang yang dijaga Gianluigi Buffon. Hasil akhir laga tersebut berkesudahan imbang 2-2. 

  • Victor Valdes 

Barcelona juga pernah merasakan sakitnya dibobol oleh Essien saat mereka bertandang ke kandang Chelsea di leg kedua semifinal Liga Champions musim 2008/09 pada 6 Mei 2009.

Essien mencetak gol cepat menit sembilan setelah memanfaatkan bola liar hasil operan lambung Lampard, yang membentur pemain lawan di luar kotak penalti.

Bola ditendang sekuat tenaga membuat kiper Barcelona saat itu Victor Valdes tak berdaya. Namun sayang, gol indah Essien tidak mampu meloloskan Chelsea ke partai final karena The Blues kalah agresivitas gol dari Barcelona.

  • Jens Lehmann

Essien menyelamatkan Chelsea dari kekalahan saat The Blues menjamu Arsenal di ajang Liga Primer Inggris yang dihelat di Stadion Stamford Bridge.

The Blues sempat tertinggal lebih dulu lewat Mathieu Flamini pada menit ke-78. Namun lewat sebuah serangan, pemain asal Ghana ini mampu melepaskan sepakan keras tanpa bisa dihalau oleh Jens Lehmann setelah memanfaatkan umpan dari Frank Lampard. 

Pada tahun 2010, Jens Lehmann resmi memutuskan pensiun setelah berjibaku di dunia sepakbola selama 22 tahun. 

  • Joe Hart

Chelsea pernah menghajar Manchester City enam gol tanpa balas di ajang Liga Primer Inggris. Peristiwa itu terjadi ketika The Blues menjamu Manchester City di Stamford Bridge pada 27 Oktober 2007.

Michael Essien mencetak gol pembuka pada laga tersebut lewat tendangan mendatar yang tidak bisa dihalau oleh kiper Manchester City saat itu, Joe Hart.

Gol pesta kemenangan Chelsea juga dicetak oleh Didier Drogba (2 gol), Joe Cole, Salomon Kalou, dan Andriy Shevchenko.

  • Santiago Canizares

Chelsea melakoni laga leg kedua perempatfinal Liga Champions melawan Valencia di Stadion Mestalla. Saat itu, Chelsea berhasil menang tipis dengar skor 1-2. Gol kemenangan Chelsea dicetak oleh Andriy Shevchenko dan Michael Essien.

Michael Essien berhasil mencetak gol lewat sepakan keras menyusur tanah yang tidak bisa dihalau oleh kiper Valencia, Santiago Canizares.

Essien menjadi bintang kemenangan The Blues atas Los Che karena gol yang dia cetak pada menit-menit akhir pertandingan berhasil membawa skuat yang diasuh Jose Mourinho ketika itu lolos ke semifinal Liga Champions musim 2006/2007 dengan menang agregat 3-2.

Pada tahun 2008, Canizares memutuskan gantung sepatu dari dunia sepakbola.

946