Kemenpora Beri Dukungan untuk Liga Sepakbola Usia Muda

Rabu, 22 Maret 2017 16:55 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Gerry Anugrah Putra
© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Jumpa pers Okky Splash Youth Soccer 2017 (Turnamen U-12) di Kantor Kemenpora. Copyright: © Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Jumpa pers Okky Splash Youth Soccer 2017 (Turnamen U-12) di Kantor Kemenpora.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung sepenuhnya gelaran Liga Sepakbola Usia Muda (Semuda) yang dihelat oleh pihak swasta. Hal itu dinyatakan langsung oleh Deputi Bidang III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Dr. Raden Isnanta.

"Kami dukung setiap upaya seluruh pihak yang ingin membantu tugas pemerintah dalam menggelar kompetisi secara berjenjang di semua level dan umur. Karena ini merupakan bagian dari upaya kita bersama untuk melahirkan prestasi olahraga khususnya sepakbola," ucap Isnanta.

Even sepakbola usia dini ini diberi nama 'Okky Splash Youth' Soccer League'. Komeptisi ini mempertandingkan anak-anak usia di bawah 12 tahun dengan tujuan membuat anak-anak senang dalam bermain sepakbola. 

Ketua penyelenggara turnamen ini, Taufik Jursal Effendi menyatakan, ingin menyerukan kampanye sepakbola yang menyenangkan bagi perhelatan pesepakbola muda U-12.

"Dengan mengusung konsep tersebut, kami selaku penyelenggara berusaha menghadirkan sebuah kegiatan sepakbola yang unik dan berbeda. Diantaranya dengan diterapkannya kebijaka kartu hijau sebagai bentuk fair play reward, coaching clinic dengan metode play dan fun, sampai pembentukan tim terbaik yang akan tampil pada ajang SINGA CUP 2017," ungkap Taufik.

Liga Semuda selama ini dikenal sebagai institusi yang bergerak mengembangkan sepakbola mulai dari penyelenggaraan pertandingan hingga pembinaan usia muda. Pendiri Liga Semuda, Richard Buntario mengatakan ingin mengembalikan kenikmatan bermain sepakbola untuk anak-anak usia muda.

"Pada rentang usia U-12, bibit-bibit sepakbola muda Indonesia kerap kali dibebani dengan banyak tuntutan dari berbagai pihak. Kadang kita melupakan bahwa unsur dan esensi yang paling utama adalah menikmati pertandingan," ujar Richard.

"Jadi, kami selaku penyelenggara even ingin mengembalikan esensi asli sepakbola khususnya untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun," lanjutnya.

Rencananya, 'Okky Splash Youth' bakal diselenggarakan di 4 kota besar yaitu Tangerang (1-16 April 2017), Bogor (19 April - 14 Mei 2017), Bekasi (22 Juli - 6 Agustus 2017), dan Jakarta (19 Agustus - 3 September 2017).

Kemudian, bakat-bakat muda menonjol yang bermain di 4 kota itu akan diseleksi kembali pada 16-17 September 2017. Selanjutnya, anak-anak muda yang lolos dari seleksi akan mengikuti SINGA CUP 2017  di Singapura pada 17 November mendatang.