Paspor Bermasalah, Arema FC Segera Coret Fellipe Bertoldo

Rabu, 22 Maret 2017 20:52 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Gerry Anugrah Putra
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Felipe Bertoldo bermasalah dengan paspor ilegal. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Felipe Bertoldo bermasalah dengan paspor ilegal.

Arema FC akan kehilangan Fellipe Bertoldo pada kompetisi Liga 1 nanti. Sejak hari ini, Federasi sepakbola Asia (AFC) resmi mengeluarkan larangan bagi klub-klub di bawah naungannya untuk memakai jasa playmaker berpaspor Timor Leste tersebut.

Sanksi pencekalan paspor kedua bagi Fellipe itu tak lepas dari kasus pemalsuan paspor oleh Departemen Kehakiman Timor Leste terhadap sembilan pemainnya saat berlaga di pertandingan internasional.

Dalam rilis resmi di laman resminya, AFC menyatakan status kewarganegaraan Timor Leste dari sembilan pemain itu batal atas dasar hukum.

"Para pemain yang tercantum di bawah tidak diizinkan untuk didaftarkan dalam kompetisi apa pun baik sebagai warga negara Timor Leste,” bunyi rilis AFC di paragraf keduanya.

Dalam daftar itu, Fellipe Bertoldo dos Santos menjadi satu-satunya pemain yang berkarier di Indonesia bersama Arema FC. Dua nama lainnya juga pernah singgah di kompetisi nasional, seperti Diogo Santos Rangel (eks defender Sriwijaya FC dan Gresik United) dan Paulo Helber Rosa Ribeiro (eks Mitra Kukar). 

Sedangkan enam nama lainnya adalah Jairo Pinheiro Palmeiras Neto, Aprecido Guimaro Souza, Patrick Fabiano Alves Nobrega Luiz, Paulo Cesar Da Silva Martins, Ramon De Lima Saro, dan Rodrigo Sousa Silva.

"AFC telah mengkonfirmasi kepada semua Asosiasi Anggota dari situasi dan juga telah menyarankan mereka bahwa penyelidikan lebih lanjut mengenai paspor Timor Leste konon dimiliki oleh sejumlah pemain lainnya juga telah dibuat,” lanjut rilis tersebut.

Pencekalan paspor Fellipe Bertoldo membuat Arema FC besar kemungkinan akan mencoretnya. Sedangkan jika Arema atau klub lain masih bisa menggunakan jasanya, lewat paspor Brasil yang dimilikinya.

"Kami optimis paspornya tidak bermasalah, karena pemain dan agen dia sudah menjamin. Jadi, kami punya klausul khusus pada kontraknya,” bilang Ruddy Widodo saat mendatangkan eks playmaker Mitra Kukar tersebut.

"Jika di kemudian hari paspor Timor Leste miliknya bermasalah, kontrak otomatis batal,” tandas General Manager Arema FC tersebut.

746