Indra Sjafri Larang Penggawa Timnas U-19 Warnai Rambut Seperti Messi

Kamis, 23 Maret 2017 17:22 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Gerry Anugrah Putra
© Herry Ibrahim/Indosport
Indra Sjafri (kiri) dan Luis Milla saat diresmikan sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Indra Sjafri (kiri) dan Luis Milla saat diresmikan sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia.

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri memiliki peraturan yang cukup ketat terkait kedispilinan anak asuhannya. Salah satunya ialah tidak boleh mewarnai rambut kekuning-kuningan seperti bintang sepakbola dunia, Lionel Messi.

Hal itu diungkapkan Indra agar anak asuhannya menjadi pesepakbola yang disiplin dan tidak besar kepala. Sebelumnya, aturan tersebut juga telah disepakati bersama antara jajara pelatih dengan 35 penggawa Garuda Muda.

"Peraturan tetap kami sepakati dengan para pemain. Tidak pernah kami buat aturan sendiri," kata Indra kepada wartawan, Selasa (22/03/17) di Jakarta.

"Jam makan tidak boleh membawa handphone. Telepon genggam juga dikumpulkan jam 9 malam, itu berlaku kepada para pemain dan pelatih. Kami itu bukan menyiapkan tukang tendangan bola, tapi menyiapkan atlet profesional untuk menunjukkan jati diri bangsa," tambahnya.

Selain itu, Indra juga menerapkan aturan yang sangat ketat terhadap penampilan penggawa Garuda Muda. Salah satunya adalah melarang mengecat rambut seperti pesepakbola 'kekinian'.

"Jati diri di sini tidak ada itu yang menggunakan anting-antingan, rambut diwarnai-warna, atau yang menjauhkan dari jati diri bangsa ini," Ungkap mantan pelatih Bali United itu.

Indra Sjafri larang para penggawa Timnas U-19 miliki rambut seperti Lionel Messi dan Neymar.

Bahkan, Indra juga berencana untuk memberikan pendidikan bela negara. Hal itu dilakukan supaya meningkatkan rasa nasionalisme dari dalam diri pemain.

"Nantinya juga akan ada sesi bela negara. Kami akan menyiapkan generasi terbaik dari sepak bola," pungkas Indra.

1.8K