Italia Pastikan Kirim Empat Wakil di Liga Champions 2018/19

Kamis, 23 Maret 2017 06:06 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© MARCO BERTORELLO/AFP/Getty Images
Logo Liga Champions. Copyright: © MARCO BERTORELLO/AFP/Getty Images
Logo Liga Champions.

Italia telah memberikan konfirmasi perihal tempat mereka di Liga Champions musim 2018/19. Di musim tersebut, empat klub wakil Italia akan memastikan diri berlaga di kancah tertinggi benua Eropa tersebut.

Dari empat tim itu, tiga tim teratas di papan klasemen akhir Serie A Italia akan lolos secara langsung ke fase grup, sedangkan satu lainnya yang berada di posisi empat klasemen akhir, harus melalui babak kualifikasi Liga Champions terlebih dulu.

Hal itu dipastikan setelah Portugal secara nilai koefisien keluar dari enam besar klasemen negara Eropa. Negara asal Cristiano Ronaldo itu turun dua peringkat dari posisi sebelumnya, yaitu posisi lima. Sebelumnya, Italia hanya mampu mengirimkan tiga wakilnya, dengan satu di antaranya harus melalui kualifikasi.

Sedangkan Prancis dan Rusia mengalami peningkatan dengan merangkak ke peringkat lima dan enam, yang mana sudah tidak mungkin untuk menyusul Italia karena perbedaan jarak poin koefisien yang sangat jauh. Kedua negara tersebut nantinya akan mengirimkan tiga wakilnya ke Liga Champions, dengan dua di antaranya langsung lolos ke fase grup, dan satu harus melalui kualifikasi terlebih dahulu.

Real Madrid yang menjuarai Liga Champions dua kali dalam lima tahun terakhir, memengaruhi posisi Spanyol di ranking koefisien Eropa.

Sementara itu Spanyol, Jerman, dan Inggris masih berada di puncak klasemen poin koefisien, dengan masing-masing berada di peringkat satu, dua, dan tiga. Hal tersebut tak lepas dari peran serta Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Bayern Munchen, hingga Borussia Dortmund berkancah di Liga Champions dalam lima tahun terakhir.

Sementara dari Inggris, klub-klub Liga Primer Inggris secara konsisten lolos hingga fase babak perdelapanfinal, walau jarang ada yang menembus hingga fase semifinal dalam lima tahun terakhir. Sehingga tak heran posisinya selalu berada di bawah Spanyol dan Jerman.

Portugal bersama dengan Ukraina, Belgia, dan Turki akan mengirimkan dua wakilnya ke ajang Liga Champions 2018/19 nanti. Satu di antaranya akan lolos langsung ke fase grup, sedangkan satunya lagi harus melalui kualifikasi.

3K