Lakoni Laga Terakir bersama Jerman, Podolski Banjir Ucapan Selamat

Kamis, 23 Maret 2017 12:27 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Alex Grimm/Bongarts/Getty Images
Podolski bersama rekan-rekannya di Timnas Jerman. Copyright: © Alex Grimm/Bongarts/Getty Images
Podolski bersama rekan-rekannya di Timnas Jerman.

Lukas Podolski mengakhiri karier internasionalnya bersama Tim Nasional Jerman dengan cara yang istimewa. Ia mencetak gol ke gawang Inggris di laga terakhirnya, dan usai pertandingan, Poldi banjir ucapan selamat dari rekan dan kesebelasan yang pernah ia bela.

Mantan penggawa Bayern Munchen, FC Koln, Arsenal, dan Flamengo itu total mencatatkan 130 penampilan bersama Der Panzer dan mencetak 49 gol.

Usai pertandingan, Podolski mengutarakan rasa haru dan emosionalnya memainkan laga terakhir bagi Timnas. Apalagi ia menjadi satu-satunya pencetak gol ke gawang Joe Hart di partai persahabatan tersebut.

"Ini seperti film. Kami menang 1-0 dan saya mencetak golnya. Saya tahu saya memiliki kaki kiri yang Tuhan berikan kepada saya, kaki kiri ini mencetak gol terakhir saya bagi Jerman. Saya bangga dengan karier 13 tahun saya di sini," kata Poldi, sapaan akrab Podolski usai pertandingan.

Perpisahan Podolski juga diramaikan dengan posting-an sejumlah pesepakbola yang pernah menjadi kawan dan lawan di atas lapangan. Mesut Ozil, Toni Kroos, sampai klub Flamengo pun mengucapkan kalimat perpisahan melalui akun media sosial.

"Bukan hanya lelaki yang lucu, tapi juga salah satu pemain kunci yang membawa skuat Jerman kembali ke kelas dunia. Saatnya untuk memberikan penghormatan @podolski10! #GERENG" tulis Ilkay Gundogan di Twitter.

"Selalu menyenangkan bermain bersama mu," kata Holger Badstuber.