Friendly Match

Tampil Solid, Timnas Inggris Segera Adopsi Formasi 3 Bek

Kamis, 23 Maret 2017 15:53 WIB
Editor: Rendy Gusti
© Michael Regan - The FA/The FA via Getty Images
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Copyright: © Michael Regan - The FA/The FA via Getty Images
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate menerima kekalahan pertamanya setelah menjabat sebagai pelatih utama The Three Lions. Namun, dalam kekalahan tersebut, rupanya pelatih berusia 46 tahun itu menemukan formulasi baru dalam skuat asuhannya.

Kabarnya, dirinya akan menerapkan formasi 3 bek seperti yang ia lakukan dalam laga persahabatan melawan Jerman yang berlangsung dini hari tadi. Southgate menurunkan formasi 3-4-2-1 dengan mendaulat Michael Keane, Chris Smalling, dan Gary Cahill menjadi benteng kukuh yang menahan serangan dari kubu Der Panzer.

Timnas Inggris akan mengadaptasi formasi 3 bek ke depannya.

"Para pemain berhasil memainkan taktik dengan baik. Mereka tidak senang dengan hasil akhirnya, namun kami belajar hal penting dengan mencoba sesuatu yang baru. Sebelumnya, beberapa pemain tersebut menggunakan formasi seperti ini di klubnya masing-masing," ujar Southgate, dikutip dari Sportsmole.

"Kami memaksimalkan waktu yang kami punya, dan beruntung para pemain kami di sini cerdas-cerdas. Dalam pertandingan tadi kami bermain cukup baik, namun kami kalah melalui gol spektakuler Lukas Podolski," tambahnya lagi.

Dalam laga tersebut, The Three Lions harus kalah melalui gol pemain senior Die Mannschaft, Lukas Podolski di menit ke-69. Gol tersebut menjadi gol penutup bagi mantan pemain Arsenal tersebut, karena dirinya telah menyatakan pensiun di level internasional.