Buffon: Saya Bisa Bermain 1000 Kali Lagi, Berlaga di Final Piala Dunia, dan Menanduk seperti Zidane

Jumat, 24 Maret 2017 21:12 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Jamie McDonald/Getty Images
Gianluigi Buffon kalahkan Iker Casillas sebagai kiper paling banyak bermain bagi Timnas. Copyright: © Jamie McDonald/Getty Images
Gianluigi Buffon kalahkan Iker Casillas sebagai kiper paling banyak bermain bagi Timnas.

Kapten sekaligus legenda hidup Tim Nasional Italia, Gianluigi Buffon, bakal menorehkan rekor sebagai kiper pertama di Italia yang jalani partai ke-1000 saat melawan Albania Sabtu (25/03/17) dini hari nanti. Alih-alih segera tuntaskan kariernya di lapangan hijau, ia malah sesumbar masih bisa bermain 1000 kali lagi.

Selain itu, ia juga menjadi kiper asal Eropa pertama dengan caps terbanyak dengan torehan 168 kali. Itu dilakukannya selama kurun waktu lebih dari 19 tahun sejak pertama kali debut di usia 19 tahun tanggal 29 Oktober tahun 1997.

"Raihan ini tentu saja sebuah kehormatan. Saya katakan kepada Anda, akan ada laga ke-1000 lainnya," canda Buffon di sesi wawancara.

Buffon kabarnya baru akan gantung sepatu usai Piala Dunia 2018 mendatang. Istimewanya, jika Italia kembali lolos ke putaran final, dia akan menjadi pemain pertama yang tampil di 6 gelaran Piala Dunia.

Kiper yang dijuluki Superman itu kemudian berjanji akan melakukan sesuatu yang tak pernah ia lakukan jika lolos sampai ke final Piala Dunia, yakni menanduk pemain lawan seperti yang dilakukan oleh Zinedine Zidane tahun 2006 silam.

"Saya hanya memikirkan laga-laga berikutnya. Selalu ada tujuan dalam hidup ini. Penting untuk memenangi sebuah pertandingan, tapi saat Anda ingin memenangi sesuatu yang besar, selalu ada risiko. Maka kami akan memikirnya dengan kalem saja," lanjutnya.

"Mudah-mudahan saja (Italia lolos ke final Piala Dunia). Saya akan melakukan apa yang Zidane lakukan dan menanduk seseorang di lapangan," kata Buffon lagi sambil tertawa.

966