Liga 1 Indonesia

Kemenpora Desak BOPI Segera Verifikasi Liga 1

Jumat, 24 Maret 2017 19:52 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Rizky Pratama Putra
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sesmenpora, Gatot S Dewabroto, tampak hadir di rapat Asian Games 2018 di Kemenpora. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sesmenpora, Gatot S Dewabroto, tampak hadir di rapat Asian Games 2018 di Kemenpora.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi telah memerintahkan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) untuk segera melakukan verifikasi Liga 1. Menpora ingin PSSI selaku penanggung jawab Liga 1 dapat memenuhi  verifikasi tersebut sebelum kick-off  Liga 1 bergulir.

PSSI akan segera menggelar Liga 1 pada 15 April 2017 mendatang. Namun jelang berlangsungnya Liga 1 , PSSI masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah.

Salah satunya adalah kewajiban untuk menyerahkan berkas klub peserta yang akan di verifikasi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Selepas itu, BOPI selaku baru akan melakukan verifikasi kepada klub-klub peserta Liga 1.

"Tadi ada arahan dari Pak Menteri (Imam Nahrawi) meminta BOPI verifikasi Liga 1. Karena hal itu merupakan hal wajib yang harus di ajukan PSSI," ucap Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto di Kantor Kemenpora, Jumat (24/03/17).

image article indosportPSSI diminta untuk segera menyerahkan berkas klub peserta Liga 1 kepada BOPI untuk diverifikasi.

Gatot menambahkan bahwa BOPI harus berkomunikasi dengan PSSI. Karena bagi Gatot hal ini menjadi bentuk langkah pembenahan reformasi PSSI.

"Kami akan mengirimkan surat ke BOPI dan PSSI perihal verifikasi ini. Karena ini kan masih era reformasi dan pembenahan sepakbola Indonesia," tambah Gatot.

Namun untuk di verifikasi BOPI hanya Liga 1. Sementara untuk Liga 2 dan Liga 3 tidak ada verifikasi.

"Sesuai namanya, BOPI adalah Badan Olahraga Profesional Indonesia. Jadi hanya Liga 1 saja yang dinilai sudah profesional yang akan diverifikasi. Liga 2 dan 3 tidak ada verifikasi," tutup Gatot.
 

167