Sah Jadi WNI, Kemenpora Desak Ezra Lakukan Sumpah

Jumat, 24 Maret 2017 20:09 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-22, Ezra Walian diharapkan segera mengambil sumpah sebagai Warga Negara Republik Indonesia (WNI). Hal ini sebagai langkah bahwa dirinya telah sah menjadi seorang WNI.

Ezra Walian memang telah resmi menjadi seorang WNI. Terlebih surat Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia atas permohonan naturalisasi dirinya telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo.

Namun ternyata masih ada satu tahapan yang harus dilalui Ezra untuk dirinya benar-benar menjadi seorang WNI. Yakni dirinya harus segera diambil sumpah oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Terkait hal ini, Menpora sudah mengingatkan PSSI selaku induk federasi sepakbola Indonesia. Baginya hal ini agar  status Ezra sebagai WNI tidak hangus.

image article indosportEzra Walian tinggal melakukan prosesi sumpah untuk segera sah sebagai WNI.

"Saya sudah ingatkan pak Ade (Sekjen PSSI) untuk segera diambil sumpah Ezra. Dia ada kewajiban 3 bulan setelah Keppres keluar. Intinya kami akan menagih PSSI untuk segera Ezra mengambil sumpah," ucap Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (24/03/17).

"Karena kalau tidak percuma. Presiden sudah turun tangan, Menteri sudah tangan jadi harus serius untuk Ezra diambil sumpah," tambah Gatot.

Ezra sendiri sudah turun membela Timnas Indonesia di ajang uji coba melawan Myanamar beberapa hari lalu. Sayang di debut awalnya, pemain Jong Ajax ini gagal mempersembahkan kemenangan untuk Indonesia.

Skuat Garuda justru takluk 1-3 di tangan Myanmar dalam laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.
 

1.7K