3 Duel Terpanas Persib vs PSMS, Salah Satunya Gemparkan Dunia

Sabtu, 25 Maret 2017 10:36 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
© zidhanxsana
Mega bintang Persib Bandung, Adjat Sudradjat (kanan) saat melawan PSMS Medan. Copyright: © zidhanxsana
Mega bintang Persib Bandung, Adjat Sudradjat (kanan) saat melawan PSMS Medan.

Persib Bandung akan melawat ke Stadion Teladan, Medan untuk melakoni laga persahabatan melawan PSMS Medan pada Minggu (26/03/17). Sepanjang sejarahnya, kedua tim dikenal sebagai rival bebuyutan yang kerap terlibat dalam beberapa partai panas, Sabtu (25/03/17).

Persib Bandung dan PSMS Medan tercatat telah melakoni sebanyak 52 pertandingan sepanjang sejarah kompetisi sepakbola Indonesia sejak tahun 1952. Salah satu duel terpanas antara kedua tim pernah terjadi di Stadion Teladan, Medan pada 17 Juni 2012 lalu.

Saat itu, Persib harus mengakui keunggulan PSMS setelah menyerah dengan skor 2-3 dalam laga yang dibumbui dengan drama klasik yang berlebihan. Permainan keras yang ditampilkan oleh kedua tim sempat menimbulkan keributan antar pemain.

Meski demikian, laga tersebut bukanlah satu-satunya laga terpanas yang pernah terjadi antar kedua tim. INDOSPORT merangkum setidaknya ada tiga partai panas yang pernah dilakoni oleh kedua tim. 

Ketiga duel tersebut terjadi di partai pamungkas di mana salah satunya berhasil mencuri perhatian dunia.

1. Persib vs PSMS 1967
Pertemuan pertama antara kedua tim legendaris Indonesia di partai final terjadi pada tahun 1967 di ajang kompetisi perserikatan. Persib Bandung menantang PSMS setelah berhasil menyingkirkan PSM Makassar di partai semifinal. Sedangkan PSMS lebih dulu lolos ke final usai mengalahkan Persebaya Surabaya. 

Persib Bandung yang saat itu masih diperkuat oleh pemain Indonesia pertama yang menjadi top skor di ajang Asian Games, Wowo Sunaryo harus mengakui harus mengakui kehebatan PSMS Medan yang mulai menancapkan hegemoninya di kancah sepakbola Indonesia. Persib takluk 0-2 dari PSMS Medan.

2. Persib vs PSMS 1983
Setelah satu dekade tak berjumpa di partai final, kedua tim legendaris ini akhirnya kembali bersua di partai pamungkas kompetisi perserikatan pada 1983. Pertemuan kedua tim menjadi menarik lantaran diwarnai sebuah fenomena alam gerhana matahari total yang terjadi pada 11 Juni 1983.

Fenomena langka itu terjadi tepat enam bulan kurang satu hari sebelum laga klasik antar kedua tim digelar pada 10 November 1983. Dalam laga kali ini Persib Bandung kembali harus mengakui keunggulan PSMS Medan yang kembali menunjukkan dominasinya lewat drama adu penalti.

Persib menyerah 2-3 di babak adu penalti setelah bermain sama kuat tanpa gol sepanjang 90 menit pertandingan. Maung Bandung kembali harus rela menyerahkan gelar juara kepada PSMS dalam laga yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tersebut.

3. Persib vs PSMS 1985

image article indosportEkspresi Musimin Sidik usai memborong dua gol ke gawang Persib Bandung pada final Perserikatan tahun 1985.

Pertandingan antara Persib melawan PSMS yang terjadi di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) pada tahun 1985 terbilang sebagai salah satu laga paling bersejarah dalam sepakbola Indonesia. Laga klasik antara kedua tim berhasil mencuri perhatian dunia lantaran memecahkan rekor penonton terbanyak pada saat itu.

Menurut catatan yang tertulis dalam buku Asian Football Confederation (AFC) laga antara Persib melawan PSMS saat itu berhasil menghadirkan tak kurang dari 150 ribu penonton. Jumlah penonton terbanyak dalam sejarah pertandingan sepakbola amatir di dunia.

Padahal saat itu, Stadion Utama Senayan mampu menampung 110 ribu penonton sebelum dikurang kapasitasnya menjadi 80 ribu penonton. Akibatnya, puluhan ribu penonton yang tak kebagian tempat di tribun stadion tumpah ruah hingga ke pinggir lapangan.

Berbanding lurus dengan antusias penonton yang sedemikian tinggi, laga kedua tim pun berjalan sangat dramatis. Persib yang tertinggal 0-2 lebih dulu dari PSMS berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua lewat gol Iwan Sunarya dan pemain legendarisnya Ajat Sudrajat.

Sayangnya, Persib lagi-lagi gagal menaklukkan keperkasaan PSMS. Maung Bandung kembali menyerah secara dramatis dari Ayam Kinantan dengan skor 3-4 di babak adu penalti. 

4.9K