Liga 1

Kontrak Pemain Korsel, Semen Padang Lengkapi Kuota Penggawa Asing Tanpa Marquee Player

Sabtu, 25 Maret 2017 00:14 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Tengku Sufiyanto
© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Semen Padang mengontrak Ko Jae-sung. Copyright: © Taufik Hidayat/INDOSPORT
Semen Padang mengontrak Ko Jae-sung.

Semen Padang akhirnya memastikan secara resmi mengontrak pemain asal Korea Selatan, Ko Jae-sung untuk kompetisi resmi Liga 1. Kepastian itu didapat usai tim Kabau Sirah menyelesaikan segala administrasi pemain berumur 32 tahun tersebut.
 
Dengan dikontraknya Ko Jae-sung, maka Semen Padang sudah memenuhi kuota tiga pemain asing dengan aturan 2+1 (dua non Asia dan satu Asia). Sebelumnya Kabau Sirah sudah sudah memastikan kontrak dua pemain asal Brasil, yaitu Cassio Fransisco de Jessus (bek tengah) dan Marcel Silva Sacramento (penyerang). Artinya, Semen Padang tak akan memakai pemain asing berstatus marquee player.
 
"Pemain ini kami kontrak selama setahun untuk memperkuat tim selama musim kompetisi 2017," kata Direktur Utama PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP), Daconi.

“Dengan sudah dikontrak Ko Jae-sung maka kuota pemain asing sudah lengkap. Karena, kami seperti tidak akan menggunakan marquee player,” tambahnya.

image article indosportSemen Padang saat memperkuat Persib Bandung di Piala Presiden 2017.

Daconi mengatakan, jumlah pemain Semen Padang saat ini menjadi 23 pemain usai dikontraknya Ko Jae-sung. Dalam rinciannya, 15 pemain berwajah lama, sedangkan tujuh pemain lainnya merupakan rekrutan baru. Jumlah tersebut bukanlah hasil akhir, lantaran Semen Padang masih akan merekrut pemain U-22.
 
"Sebelumnya kami memberi batasan jumlah pemain, namun kali ini dengan melihat kebutuhan tim akan ada peluang penambahan di beberapa lini," ujar Daconi.

Sementara itu, pelatih Semen Padang, Nilmaizar, menilai Ko Jae-sung adalah pemain yang bisa diperhitungkan dalam tim.

"Selama turnamen Piala Presiden 2017, dia bermain cukup bagus dapat membaca pergerakan pemain," kata Nilmaizar.

image article indosportSemen Padang di Piala Presiden 2017.

Di Semen Padang, Ko Jae-sung akan menggunakan nomor punggung 17 yang sebelumnya digunakan M Nur Iskandar yang kini memperkuat Sriwijaya FC. Terakhir, pemain kelahiran 28 Januari 1985 itu memperkuat Busan yang juga bermain di kasta kedua Liga Korea, sebelum akhirnya menjalani trial bersama Semen Padang di Piala Presiden 2017.

Total, Ko Jae-sung turun di lima pertandingan bersama Semen Padang. Dari lima pertandingan itu, Ko Jae-sung sukses membukukan dua assists.

360