(CUPLIKAN GOL) Spanyol 4-1 Israel: Kokoh di Puncak

Sabtu, 25 Maret 2017 04:42 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Juan Manuel Serrano Arce / Stringer / Getty Images
Costa merayakan golnya ke gawang Israel. Copyright: © Juan Manuel Serrano Arce / Stringer / Getty Images
Costa merayakan golnya ke gawang Israel.

Spanyol menjamu Israel dalam laga lanjutan kelima Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Bermain di Estadio Municipal El Molinon, Gijon, Spanyol memenangkan pertandingan dengan skor 4-1.

Babak Pertama

Spanyol selaku pimpinan klasemen sementara grup G, tidak mengendorkan serangan kala menjamu Israel di Estadio Municipal El Molinon, Gijon. Anak asuh Lopetegui langsung melakukan serangan sejak wasit meniup peluit babak pertama dimulai.

Hingga akhirnya David Silve membuka keunggulan La Furia Roja pada menit 13. Menerima umpan datar yang cepat dari Jordi Alba, gelandang sayap Manchester City itu langsung melesakkan bola dengan keras ke gawang Marciano. Spanyol unggul 1-0.

Spanyol unggul kembali lewat gol yang dilesakkan oleh penyerang mereka, Vitolo. Tendangan pemain Sevilla tersebut pada dasarnya sempat ditahan oleh Marciano, namun sayang bola yang terlalu keras berhasil melewati garis. Hingga turun minum babak pertama, Spanyol unggul dengan skor 2-0.

Babak Kedua

Walau sudah unggul dua gol tanpa balas di babak pertama, anak asuh Lopetegui tetap terus melakukan penekanan ke jantung pertahanan Israel. Hal ini disinyalir guna memuluskan langkah mereka untuk lolos dari grup G.

Tekanan yang lakukan oleh La Furia Roja pun membuahkan hasil. Pada menit 51, Diego Costa mencetak gol melalui sundulan, hasil umpan lambung Thiago Alcantara dari tenjangan pojok. 3-0 Spanyol memimpin jauh.

Tertinggal tiga gol, Israel mencoba memberikan perlawanan. Penyerang Israel, Eran Zahavi, mencoba melakukan umpan silang ke jantung pertahanan Spanyol pada menit 71. Namun sayang, umpannya berhasil diamankan dengan baik oleh Jordi Alba.

Israel pun berhasil mencetak gol pada menit 76. Berawal dari sundulan Rami yang terkena tiang, bola liar berhasil dilesakkan ke gawang David De Gea oleh Lior Rafaelov. Skor pun berubah menjadi 3-1.

Kebobolan satu gol membuat skuat La Furia Roja seakan tersengat lebah. Mereka pun langsung membalasnya melalui gol yang dicetak oleh Isco pada menit 88. Menerima umpan dari Iago Aspas, gelandang serang milik Real Madrid itu pun langsung melesakkan bola datar ke kanan gawang Israel. Spanyol mengakhiri pertandingan dengan skor 4-1.

Dengan hasil ini, Spanyol masih kokoh di puncak klasemen sementara grup G dengan 10 poin, unggul selisih gol dari posisi dua, Italia, yang juga mengoleksi poin yang sama.

Berikut susunan starting XI kedua tim:

Spanyol (4-3-3): David De Gea; Daniel Carvajal, Sergio Ramos, Gerard Pique, Jordi Alba; Thiago Alcantara, Sergio Busquets, Andres Iniesta; Vitolo, Diego Costa, David Silva. 

Israel (4-2-3-1): Ofir Marciano; Eli Dasa, Eitan Tibi, Shir Tzedek, Rami Gershon; Almog Cohen, Bebars Natcho; Tal Ben Haim II, Dan Einbinder, Lior Refaelov; Eran Zehavi.

2.4K