(CUPLIKAN GOL) Portugal 3-0 Hungaria: Berkah Ronaldo!

Minggu, 26 Maret 2017 04:36 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© PATRICIA DE MELO MOREIRA / Stringer /Getty Images
Ronaldo merayakan golnya ke gawang Hungaria di depan para pendukungnya. Copyright: © PATRICIA DE MELO MOREIRA / Stringer /Getty Images
Ronaldo merayakan golnya ke gawang Hungaria di depan para pendukungnya.

Portugal menjamu Hungaria dalam laga lanjutan kelima Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Bermain di Estadio da Luz, Lisboa, tuan rumah saat ini unggul 2-0 atas tamunya tersebut.

Babak Pertama

Portugal yang bermain sebagai tuan rumah, tampil menekan sejak peluit babak pertama pertandingan dimulai. Butuh waktu lama untuk Cristiano Ronaldo dkk mampu mencetak gol ke hala Peter Gulacsi.

Pasalnya, gol pertama jawara Piala Eropa 2016 ini dicetak pada menit 32 oleh Andre Silva. Berawal dari pergerakan sang megabintang Real Madrid, Ronaldo, yang menusuk jantung pertahanan lawan.

CR7 saat itu mengoper ke Raphael Guerreiro yang berada di sisi kanan pertahanan lawan, yang kemudian langsung diarahkan ke tengah jantung pertahanan Hungaria. Andre Silva yang berada di sisi kiri pertahanan lawan, langsung menceploskan bola datar tersebut dengan baik. Portugal memimpin 1-0.

Tak lama berselang, giliran Ronaldo yang mencetak gol ke gawang Peter Gulacsi pada menit 36. Berawal dari bola pantulan Andre Silva saat menerima umpan lambung dari lini pertahanan Portugal. Bola liar pantulan kaki Silva berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Ronaldo, dengan melesakkan tendangan keras dari luar kotak penalti. Portugal memimpin 2-0 pada kuartal pertama.

Babak Kedua

Unggul dua gol membuat anak asuh Fernand Santos bersemangat saat babak kedua baru dimulai. Terbukti, sang megabintang Ronaldo melakukan penetrasi pada menit 56, yang mana tendangannya masih mampu diblok oleh Peter Gulacsi.

Ayah dari Cristiano Ronaldo Jr itu pun kembali mencetak gol ketiga untuk Portugal pada menit 65. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan oleh Lovrencsics kepada Quaresma dari sisi kanan pertahanan lawan. Ronaldo berhasil mengeksekusi tendangan bebas tersebut dengan baik, dan menciptakan gol yang bersarang di sisi kiri gawang Gulacsi.

Portugal hampir memperjauh keadaan, saat Fonte melakukan sundulan hasil umpan tendangan bebas dari Quaresma. Namun sayangnya, sundulannya terlalu lemah hingga mampu ditangkap dengan mudah oleh Gulacsi.

Hingga penghujung babak kedua usai, skor tiga gol tanpa balas untuk tuan rumah tetap bertahan. Dengan hasil ini, Portugal berada di posisi dua Grup B dengan 12 poin, di bawah Swiss yang sebelumnya menang tipis 1-0 atas Latvia, dengan 15 poin.

Berikut susunan starting XI kedua tim:

Portugal (4-4-2): Rui Patricio; Cedric Soares, Jose Fonte, Pepe, Raphael Guerreiro; Ricardo Quaresma, Andre Gomes, William Carvalho, Joao Mario; Cristiano Ronaldo, Andre Silva.

Hungaria (4-1-4-1): Peter Gulacsi; Adam Lang, Tamas Kadar, Paulo Vinicius, Mihaly Korhut; Adam Nagy; Barnabas Bese, Adam Gyurcso, Zoltan Gera, Balazs Dzsudzsak; Adam Szalai

3.5K