Menebak Pelatih Asing Calon Pengganti Widodo di Sriwijaya FC

Minggu, 26 Maret 2017 14:25 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Gerry Anugrah Putra
© EFFENDI/INDOSPORT
Pelatih Widodo Cahyono Putro dilepas Sriwijaya FC. Copyright: © EFFENDI/INDOSPORT
Pelatih Widodo Cahyono Putro dilepas Sriwijaya FC.

Setelah melepas Widodo Cahyono Putro, manajemen Sriwijaya FC sudah menentukan penggantinya. Namun, manajemen masih menutup rapat identitas pelatih anyar Laskar Wong Kito untuk Liga 1.

Meski demikian, dari beberapa informasi yang didapat, Sriwijaya FC (SFC) bakal menggunakan pelatih asing. Nama mantan Direktur Teknik Timnas Indonesia, Pieter Huistra pun mulai mencuat ke permukaan.

Tapi tak hanya Huistra, beberapa pelatih asing lainnya juga masuk dalam radar SFC untuk menempati kursi panas di Palembang. 

Presiden SFC, Dodi Alex Reza belum mau membeberkan siapa nama arsitek anyar. "Dalam waktu dekat, diperkirakan dalam satu dua hari kedepan pelatih pengganti sudah memimpin latihan," ucapnya.

Berikut beberapa nama calon pelatih SFC untuk kompetisi musim ini,

1.Petar Segrt

Segrt merupakan pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro. Dia lulus untuk lisensi UEFA Coaching B pada bulan November, 1993 di Ruit, Jerman. Sedangkan untuk lisensi UEFA A ia dapat pada bulan Juli, 1995 di Hennef, Jerman. Lisensi UEFA Pro Licence, Petar Segrt lulus pada bulan Oktober, 2001 di Koln, Jerman .

Filosofi pembinaan Petar Segrt dapat digambarkan sebagai organisasi yang baik dan penikmat sepakbola menyerang dengan keseimbangan yang baik antara ofensif dan defensif. 

Segrt dikenal bekerja dengan konsep yang jelas, komunikasi yang intensif dengan pemain sekaligus mempertahankan otoritas dan kepemimpinan, mengembangkan pemain untuk tim sukses dengan semangat pemenang. 

Ia juga dikenal dengan kesetiaannya kepada tim, klub, federasi anggota dan penonton. 

Dia juga sering menghadiri pertemuan coaching di klub-klub sepak bola seperti Arsenal London, West Ham, Hamburger SV, TSG Hoffenheim, Al Ahly Club, Austria Wien, Sturm Graz, dan banyak lainnya. 

2.Robert Rene Alberts

Mantan Arema FC ini menjadi kandidat kuat. Apalagi nama Rene sudah pernah masuk ke dalam calon pelatih SFC sebelum Widodo bergabung. Tapi akhirnya Manajemen beralih ke Widodo.

Rene merupakan mantan gelandang tim junior Ajax Amsterdam (1966), sebelum memulai karier seniornya di klub Vancouver Whitecaps (1975, 1976). Karier kepelatihannya dimulai di Swedia melatih klub Hittarps IK (1984-1987).

3.Jacksen F Tiago

Nama Jacksen F Tiago merupakan nama sukses di dunia sepak bola Indonesia. Sebagai pemain dia adalah legenda Persebaya Surabaya, dan sebagai pelatih dia merupakan seorang juara bersama Persipura Jayapura.

Torehan yang diraih Persipura pun terbilang ciamik. Bermodal tiga kali gelar juara Liga Indonesia, nama Jacksen cukup terkenal di Papua. 

Tak hanya membawa Persipura juara saja, Jackson juga berhasil membangun fondasi hebat di Persipura yang membuat klub tersebut bisa terus menjadi salah satu klub terkuat di Indonesia.

Selain itu, Jacksen juga peganut sepak bola indah. Permainan cepat dari kaki ke kaki juga menjadi favorit Jacksen. Tapi kini Jecksen sudah bersama Barito Putera, sehingga butuh upaya lebih besar bila memang SFC menginginkannya.

4.Millomir Selsija

Milomir Seslija atau lebih sering dipanggil Milo pernah melatih Arema FC musim 2016. Saat ini Milo belum menemukan klub baru usai kontraknya tak diperpanjang Singo Edan.

Besar kemungkinan, Milo menjadi pelatih anyar SFC jika menilik gaya kepelatihannya yang tegas saat di Arema. Hal itulah yang diinginkan manajemen SFC.

551