Penjelasan Bhayangkara FC Soal Pelepasan Hargianto ke Persija

Minggu, 26 Maret 2017 14:38 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Persija Jakarta
Muhammad Hargianto saat menandatangani kontrak dengan Persija Jakarta. Copyright: © Persija Jakarta
Muhammad Hargianto saat menandatangani kontrak dengan Persija Jakarta.

Melimpahnya stok midfielder di skuat Bhayangkara FC membuat terciptanya persaingan dalam posisi inti. Muhammad Hargianto pun akhirnya terpental dari tim asuhan Simon McMenemy dan memilih pelabuhan barunya di Persija Jakarta.

Ibnu Grahan menilai, transfer salah satu gelandang muda potensial itu tak lepas dari banyaknya stok pemain dengan posisi yang sama. Maka dari itu, Hargianto memang lebih baik pindah untuk mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak di tim lain.

"Memang semata-mata untuk kebaikan kariernya. Sayang juga kan, kalau pemain bagus dengan predikat timnas tapi sering cadangan di klubnya," kata asisten pelatih Bhayangkara FC saat menghadiri KLB PSSI Asprov Jawa Timur di Surabaya.

"Kita tentu tahu kualitas Hargianto seperti apa. Tidak benar jika dia dinilai tidak berkualitas," imbuhnya.

image article indosportBanyaknya porsi latihan bersama Timnas U-22 menjadi salah satu pertimbangan Bhayangkara FC melepasnya Muhammad Hargianto.

Diterangkan Ibnu Grahan, keputusan pindah ke Persija memang terbilang bagus untuk Hargianto. Hal ini karena skema yang diusung BFC di bawah besutan Simon McMenemy hanya akan mengandalkan dua midfielder pada diri Zulfiandi dan Lee Yoo Joon.

Selain Zulfiandi, tipikal bermain Hargianto juga nyaris sama dengan beberapa pemain BFC lainnya. Sebut saja Evan Dimas Darmono, Hendra Sandi Gunawan, hingga Wahyu Subo Seto.

"Zulfiandi dipilih karena selalu konsisten dalam berlatih hingga pertandingan. Kalau Hargianto kan terhambat karena sering ikut tim nasional," paparnya.

Cak Ibnu pun menyanggah jika kepindahan salah satu murid terbaik Indra Sjafri di Timnas U-19 itu lantaran ingin mengakomodir sosok marquee player yang akan didatangkan.

"Bukan begitu. Rencana kepindahan Hargianto sebenarnya cukup lama. Tidak hanya Persija, ada tim lain yang juga siap menerimanya", terangnya.

564