Liga 1 Indonesia

Datangkan Pemain Keturunan India, Skuat Persiba Balikpapan Lengkap

Selasa, 28 Maret 2017 03:14 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT/Teddy Rumengan.
Pelatih Persiba, Timo Scheunemann. Copyright: © INDOSPORT/Teddy Rumengan.
Pelatih Persiba, Timo Scheunemann.

Setelah sempat disebut-sebut batal bergabung bersama Persiba Balikpapan dan lebih memilih bersama Persebaya Surabaya, eks penyerang Bhayangkara United musim lalu, Bijahil Calwa, justru terlihat di stadion Parikesit, Senin (27/03/17) sore.

Mantan penyerang Persela Lamongan itu kabarnya lebih memilih bergabung dengan Beruang Madu pada akhirnya. Nilai kontrak yang lebih tinggi ketimbang bersama Bajul Ijo serta kesempatan untuk berlaga di Liga 1 dibandingkan Liga 2 kabarnya menjadi pertimbangannya.

Tak perlu lama, Manajemen Persiba pun kabarnya langsung menyodorkan kontrak satu musim, tanpa harus menjalani proses seleksi. Hanya saja, jika hasil tes medis pemain keturunan India itu dalam kondisi yang fit dan tidak mengalami cedera.

“Jadi tinggal jalani tes medis saja, karena langsung dikontrak. Jadi tinggal lihat hasil medisnya bagus apa tidak,” kata Manager Marketing Persiba Ryan.

 

Bijahil Harus Dites Medis Dulu PERSIBA-Belum adanya tandem penyerang lokal yang pas untuk diduetkan dengan penyerang asing asal Negeri Samba, Marlon da Silva, manajemen dan tim pelatih Persiba Balikpapan telah memboyong penyerang kelahiran Bojonegoro, 30 November 1990, Bijahil Chalwa. Kehadiran Bijahil, diharapkan mampu menjadi tumpuan lini depan Tim "Beruang Madu" agar tampil garang di pertandingan Liga 1 2017 nanti. Mengenai status Bijahil di Persiba apakah ia akan menjalani seleksi secara berjalan atau tidak, manajemen menerangkan bahwa eks bomber Bhayangkara FC (2016) ini, jauh hari sebelumnya sudah di pra kontrak. Sebelum menandatangani perjanjian kontrak, ada satu persyaratan yang mesti dilewatinya, yakni harus mengikuti tes medis untuk mengetahui bahwa pemain yang akan direkrutnya ini benar-benar dalam kondisi siap pakai atau fit. "Alhamdulillah sampai di Balikpapan. Kondisi saya sendiri, saat ini fit," ujar Bijahil, saat ia baru tiba di mes pemain, Minggu (26/3/2017) malam. Terakhir kali, Bijahil memperkuat klub asal Jawa Timur, Persebaya Surabaya dengan status pemain seleksi. Persiba sendiri, sebelumnya telah mendatangkan dua penyerang seleksi, eks pemain PSMS Medan, Haris Tuharea dan Agung Supriyanto yang pernah membela timnas Indonesia U-23. Namun, kedua pemain yang didatangkannya ini belum bisa memikat tim pelatih dan membuat pelatih ogah mengikat keduanya. "Semoga lini depan tim semakin matang. Dan yang jelas, Bijahil memang sudah kami pra kontrak. Tapi, kami harus melihat kondisi fisiknya dulu dengan cara di medical check up," kata Manajer Persiba, Bambang Suhendro. BIODATA PEMAIN : Nama : Bijahil Chalwa Tempat, Tanggal Lahir : Bojonegoro, 30 November 1990 Posisi bermain : Penyerang Tinggi : 172 Karier Bermain : Persibo Bojonegoro (2010/2012) Persikabo Bogor (2012/2014) Persela Lamongan (2014/2015) Madura United FC (2015) Bhayangkara FC (2016) FOTO- Bijahil Chalwa

A post shared by Persiba Balikpapan (@persibafc_media) on

Pelatih Persiba Balikpapan Timo Scheunemann pun mengaku lega akhirnya mendapat penyerang. Karena sebelumnya eks pelatih Timnas Putri Indonesia itu sempat kesulitan mendatangkan penyerang berkualitas.

“Memang prosesnya panjang sekali untuk mendapatkan penyerang berkualitas. Karena memang sangat-sangat sulit. Bukan karena tim pelatih tidak berusaha, begitu juga manajemen, tapi memang sulit dapat pemain,” ujar Timo.

Pelatih kelahiran Kediri itu pun bisa tersenyum, karena skuat tim kebanggaan masyarakat kota Balikpapan itu akhirnya rampung.

“Ya, akhirnya skuat Persiba sudah lengkap, jadi saya juga lega. Karena kita tahu ini sangat sulit cari pemain, sangat-sangat sulit,” ujarnya.

Sebelumnya kata Timo, ada sekitar delapan penyerang yang sempat menjadi incaran Persiba. Namun sayangnya gagal, karena berbagai alasan.

“Karena kan kita tidak mau pemain yang tidak berkualitas atau sudah turun peformanya. Jadi memang ada saja kendalanya untuk datangkan penyerang bagus,” ujarnya.

“Kendalanya itu seperti dia tentara, atau PNS (pegawai negeri sipil) atau sudah dikontrak klub, pokoknya macam-macam lah, atau mau tim yang dekat rumah. Pokoknya macam-macam lah kendalanya, jadi sekarang sudah lega, sudah kumpul semua,” tambah Timo.

Eks Pelatih persema Malang itu memastikan tidak mempersiapkan program khusus untuk Bijahil. Justru Tim berharap, Bijahil bisa segera beradaptasi dengan para pemain.

Gak ada program khusus, jadi dia pelan-pelan adaptasi. Saya gak bisa bikin program khusus untuk dia. dia hanya butuh adaptasi. Saya lihat fisikmya sudah oke, lumayan jadi dia butuh adaptasi saja dan ikut program biasa saja,” ujarnya.

1