Pecat Danny Blind, Belanda Coba 'Bangkitkan' Van Gaal

Selasa, 28 Maret 2017 09:03 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Matthew Ashton - AMA / Contributor / Getty Images
Louis van Gaal. Copyright: © Matthew Ashton - AMA / Contributor / Getty Images
Louis van Gaal.

Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) sedang mencari-cari pelatih baru pasca pemecatan yang mereka lakukan kepada ayah kandung Daley Blind, Danny Blind. Pemecatan terjadi pasca kekalahan Belanda atas Bulgaria dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018 grup A, pada Minggu (26/03/17) dini hari WIB.

Kini, beredar kabar bahwa KNVB sedang mencoba ‘membangkitkan’ kembali mantan pelatih Manchester United, Louis van Gaal. Seperti yang kita ketahui, Van Gaal kini sedang menjalani masa-masa vakum dari dunia kepelatihan, pasca pemecatan dirinya dari MU.

Direktur Sepakbola Belanda, Jean Paul Decossaux, mengonfirmasi bahwa mereka kini sedang mencari-cari pelatih baru untuk Timnas Belanda. Syarat utama untuk menjadi pelatih Tim Oranye adalah mereka yang asli berkewarganegaraan Belanda.

image article indosportRonald Koeman (kedua dari kiri) bersama dengan Louis van Gaal.

“Untuk profil, kita mencari pelatih yang memiliki kemampuan secara teknik. Namun, kami juga mencari orang-orang yang berpengalaman di bidangnya,” ucap Jean dikutip Independent.

“Kami berharap dapat menemukan pelatih baru selanjutnya untuk Timnas Belanda, namun tidak dalam satu pekan ini. Beberapa nama telah kami masukkan ke dalam daftar, salah satunya adalah mantan pelatih sebuah klub,” tambahnya.

Selain Van Gaal, Jean juga menyebutkan pelatih Everton saat ini, Ronald Koeman. Dirinya menilai Koeman memiliki kapasitas untuk melatih Timnas Belanda, namun ia masih memiliki kontrak dengan klub yang menjadi tetangga Liverpool itu.

“Ronald Koeman juga memiliki nilai untuk menjadi pelatih Timnas Belanda. Namun sayangnya, dia masih memiliki kontrak dengan sebuah klub,” pungkasnya.