Kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol

(CUPLIKAN GOL) Brasil 3-0 Paraguay: Songsong Piala Dunia

Rabu, 29 Maret 2017 09:59 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Buda Mendes/Getty Images
Neymar mencetak gol saat Brasil berhadapan dengan Paraguay. Copyright: © Buda Mendes/Getty Images
Neymar mencetak gol saat Brasil berhadapan dengan Paraguay.

Mendapat dukungan penuh dari publik Arena Corinthians, Brasil tampil mendominasi di babak pertama. Sejak awal, Neymar dan Firmino telah berusaha mencetak angka. 

Namun para pemain Paraguay cukup ulet mempertahankan pertahanan. Tim tamu juga tak mau hanya bermain bertahan. Perez dan Gonzelez terus berusaha membuka pertahanan tuan rumah.

Hanya saja, Brasil lah yang akhirnya mendapat keunggulan lebih dulu. Mendapat umpan dari Paulinho, Coutinho melepas sepakan mendatar dari luar kotak penalti.

Tendangan kaki kiri pemain Liverpool itu gagal digapai Antony Silva. Padahal ia sudah berhasil membaca arah bola.

Gol Coutinho di menit 34 ini bertahan hingga pertandingan babak pertama berakhir. Brasil sementara memimpin hingga jeda turun minum.

Pada babak kedua, Brasil kembali meneruskan serangan demi menambah angka. Lima menit pertama, Paulinho dan Neymar telah melakukan percobaan ke gawang Silva.

Brasil bahkan mendapat peluang emas setelah wasit Victor Carrillo yang memimpin pertandingan, memberikan penalti akibat ulah Rodrigo Rojas yang menjatuhkan Neymar di area terlarang, pada menit 51.

Namun bola yang diarahkan Neymar ke sisi kanan gawang berhasil ditepis Silva. Skor bertahan 1-0.

Pada menit 64, Neymar membayar kesalahannya dengan mencetak gol yang membuat kedudukan menjadi 2-0 untuk keunggulan tim Samba. Menerima bola dari Marcelo, Neymar berhasil lepas dari jegalan tiga pemain Paraguay yang mencoba menggagalkan upayanya.

10 menit berselang, Neymar kembali membobol gawang Silva. Namun wasit tak menganggapnya sebuah angka karena penyerang Barcelona itu dinilai sudah dalam posisi offside.

Meski demikian, tuan rumah berhasil menambah angka pada menit 86 melalui gol Marcelo. Diawali kerja sama apik Paulinho, Marcelo, dan Coutinho, Brasil menutup pertandingan dengan skor 3-0.

Kemenangan ini membuat Brasil semakin mantap di puncak klasemen dengan perolehan 33 poin. Hal ini membuat tim Samba akan menjadi tim Amerika Latin pertama yang lolos Piala Dunia 2018.
Susunan pemain:

Brasil (4-3-3): Alisson; Fagner, Marquinhos, Miranda, Marcelo; Renato, Casemiro, Paulinho; Coutinho, Neymar, Firmino.
Cadangan: Diego, Willian, Gil, Ederson, Weverton, Giuliano, Fernandinho, Thiago Silva, Diego Souza, Filipe Luis, Dudu, Mariano.
Pelatih: Tite

Paraguay (4-4-2): Silva; Valdez, Da Silva, Veron, Alonso; Perez, Riveros, Rojas, Almiron; Dominguez, Gonzalez.
Cadangan: A. Romero, Patino, Iturbe, O. Romero, Ortiz, Salcedo, Barreto, Benitez, Ortigoza, Santander, Fernandez, Riveros.
Pelatih: Francisco Arce

2.6K