'Dirugikan' VAR, Deschamps: Asal Adil, Kenapa Tidak?

Rabu, 29 Maret 2017 09:25 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Dan Mullan / Staff / Getty Images
Didier Deschamps. Copyright: © Dan Mullan / Staff / Getty Images
Didier Deschamps.

Prancis mengalami kekalahan tatkala menjamu Spanyol dalam laga persahabatan di Stade de France, Prancis. Pertandingan yang diadakan pada Rabu (29/03/17) dini hari WIB ini memenangkan pihak tamu dengan skor 0-2.

Prancis sejatinya sempat unggul terlebih dahulu pada menit 48 melalui gol sundulan penyerang mereka, Antoine Griezmann. Namun sayangnya, sang pengadil lapangan, Felix Zwayer, menganulir gol Griezmann setelah melakukan komunikasi dengan Video Assistant Referee (VAR).

Selain itu, VAR juga mengesahkan gol ke Spanyol yang dicetak oleh pemain Everton, Gerard Deulofeu. Gol yang dicetak oleh pemain yang dipinjamkan ke AC Milan itu sebelumnya sempat dianggap offside oleh hakim garis. Namun, Zwayer yang lagi-lagi melakukan komunikasi dengan VAR, mengesahkan gol Deulofeu tersebut.

Menanggapi hal tersebut, pelatih Ayam Jantan, Didier Deschamps, mengaku tidak keberatan atas keputusan sang pengadil lapangan beserta VAR. Menurutnya, dia menerima apapun yang dilakukan oleh sang wasit, selama hal tersebut terbukti benar adanya.

“Selama itu terbukti benar dan adil, kenapa tidak? Itu hanya merubah sedikit gambaran tentang  sepakbola,” ucap Deschamps dikutip Mirror.

“Walaupun, tanpa VAR hasil pertandingan pastinya akan berbeda. Namun, inilah evolusi dari sepakbola. Sudah seharusnya seperti ini,” tambahnya.

“Kami sangat buruk pada babak pertama karena kehilangan banyak bola. Namun kami bermain lebih baik pada babak kedua melawan tim yang penuh dengan pemain berkualitas,” tutupnya.