Fakta Baru Terungkap! Andri Syahputra Sudah Berseragam Timnas Qatar

Rabu, 29 Maret 2017 18:57 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Pemain muda Indonesia yang bermain di Qatar, Andri Syahputra sempat menjadi buah bibir setelah menolak undangan dari PSSI untuk mengikuti seleksi Timnas U-19 yang akan dipersiapkan untuk tampil di ajang Piala AFF U-19. 

Ayah Andri, Agus Sudarmanto melalui beberapa media di Indonesia beralasan jika anaknya tidak bisa memenuhi panggilan PSSI karena mempertimbangkan pendidikan sang anak, yang saat ini bersekolah di Qatar.

Namun sebuah fakta mengejutkan muncul di jejaring media sosial. Andri Syahputra kedapatan telah memainkan laga bersama Timnas Qatar U-18 di lapangan Aspire Football Academy, Qatar pada hari Jumat (24/03/17).

Dari beberapa foto yang diunggah oleh akun Instagram @qatar_team2022, Andri tampak mengenakan nomor punggung 20, saat Timnas Junior Qatar menghadapi Timnas Junior Inggris dalam persiapan menghadapi kualifikasi Piala Asia 2019.

image article indosportAndri Syahputra tampak mengenakan nomor punggung 20 bersama Timnas Qatar Junior.

Dalam laga tersebut, Timnas Qatar U-18 yang bertanding di bawah arahan pelatih Bruno Miguel dipaksa mengakui keunggulan Timnas Inggris usai menyerah dengan skor 1-2.

Gol kemenangan Timnas Inggris diciptakan oleh penyerang mudanya, Samuel yang dalam laga tersebut sukses memborong dua gol pada menit ke-14, dan 86. Sementara gol balasan Timnas Qatar U-18 tercipta melalui kaki Yusuf Ayman pada menit ke-45.

Tak berhenti sampai di situ, tiga hari setelah ditaklukkan oleh Timnas Inggris Junior, Andri Syaputra kembali tampil bersama Timnas Qatar. Kali ini Andri memperkuat Timnas Qatar U-19, namun lagi-lagi ia dan timnya dipaksa menyerah dengan skor telak 0-4.

image article indosportAndri Syahputra tampak mengenakan nomor punggung 20 bersama Timnas Qatar Junior.

Andri Syahputra merupakan putra asli Indonesia yang mengasah kemampuan bermainnya bersama klub Al-Gharafa, sebelum dipanggil masuk ke Aspire Football Academy Qatar. 

Karier Andri di Qatar terbilang cukup moncer. Bersama Aspire Academy, Andri berhasil menjadi top skor Liga Utama Qatar selama tiga musim berturut-turut. Beberapa klub di Eropa pun dikabarkan kepincut untuk mengajaknya bergabung.

Maklum selama menimba ilmu di Aspire Academy, Andri kerap dikirim untuk menjalani trial bersama beberapa klub elite Eropa seperti, Villarreal, Bayer Leverkusen, dan VfB Stuttgart.

Peluang Andri untuk membela Timnas Indonesia sendiri masih belum tertutup. Pasalnya, saat ini ia dan kedua orang tuanya masih merupakan Warga Negara Indonesia, dan memengang paspor Indonesia.

4.4K