Mengulik Peran Penting VAR pada Laga Prancis vs Spanyol

Rabu, 29 Maret 2017 08:24 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© FIFA
Video Assistant Referee Copyright: © FIFA
Video Assistant Referee

Prancis kedatangan tamu kuat, Spanyol, dalam laga persahabatan pada Rabu (29/03/17) dini hari WIB. Bermain di Stade de France, anak asuh Didier Deschamps harus menelan kekalahan di depan pendukungnya sendiri dengan skor 0-2.

Pada laga tersebut, terdapat kejadian penting yang dilakukan oleh Video Assistant Referees (VAR) atau biasa kita familiar dengan nama Video Teknologi. Uji coba penggunaan VAR dalam kompetisi internasional ini memberikan dampak yang positif terhadap jalannya pertandingan.

Pasalnya sang pengadil lapangan pertandingan ini, Felix Zwayer, membuat sebuah keputusan yang tepat tatkala menganulir gol yang dicetak oleh Antoine Griezmann pada menit 48.

Griezmann berhasil menceploskan bola ke gawang David De Gea, namun sang wasit menganulirnya karena sang pemberi assists, Layvin Kurzawa, sudah terlebih dahulu terkena offside dan tertangkap oleh VAR.

Peran penting lainnya yang dibuat oleh VAR adalah saat mengesahkan gol kedua Spanyol yang dicetak oleh Gerard Deulofeu. Berawal pada menit ke-77, Deulofeu berhasil mencetak gol ke gawang Hugo Lloris.

Namun wasit garis telah mengangkat bendera sebelum gol tersebut, yang menandakan bahwa Deulofeu dianggap telah terkena offside. Akan tetapi, sang pengadil lapangan, Felix Zwayer, menerima pesan khusus oleh VAR, dan menganggap bahwa gol yang dicetak pemain Everton itu sah adanya.

Penggunaan uji coba VAR pada pertandingan persahabatan kali ini sepertinya memberikan dampak positif terhadap jalannya pertandingan. Sang pengadil lapangan dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh manusia normal, dan memberikan keputusan yang akurat dalam sebuah pertandingan. 

221