Ayah Andri Syahputra, Akui Putranya Berseragam Timnas Qatar

Rabu, 29 Maret 2017 22:55 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Bakat muda Indonesia yang tengah meniti karier di Qatar, Andri Syahputra kembali mengejutkan publik sepakbola Tanah Air. Setelah ramai diperbincangkan, akibat tidak memenuhi undangan PSSI untuk mengikuti seleksi Timnas U-19, Andri ketahuan memainkan laga bersama Timnas Qatar U-18 dan U-19.

Andri membela Timnas Qatar U-18 dalam laga uji coba melawan Timnas Inggris Junior di lapangan Aspire Football Academy, Qatar pada hari Jumat (24/03/17). Andri yang dimainkan sebagai starter oleh pelatih Bruno Miguel tampil dengan menggunakan nomor punggung 20. Inggris memenangkan laga dengan skor tipis 2-1.

Tiga hari berselang, tepatnya pada Senin (27/03/17) Andri Syaputra kembali tampil bersama Timnas Qatar, kali ini tim yang dibelanya adalah Timnas Qatar U-19 menghadapi lawan yang sama, Inggris. Dalam laga ini, Inggris sukses mencukur Qatar dengan skor telak 4-0.

image article indosportAndri Syahputra bersama Timnas Qatar Junior.

Laman resmi federasi sepakbola Inggris, FA memberitakan bahwa dalam laga tersebut Andri Syaputra menjadi pemain Qatar yang paling merepotkan barisan pertahanan Tim Inggris Junior. 

Ayah Andri Syahputra, Agus Sudarmanto mengaku jika dirinya baru mengetahui kalau putranya tampil membela Timnas Qatar setelah ada pemberitaan dari beberapa media. Sebab sebelumnya yang ia ketahui, Andri akan bermain melawan Inggris bersama Aspire Academy Qatar. 

"Memang ada pertandingan lawan Inggris, Andri bilang Aspire Academy Qatar. Saya juga baru tahu photo itu, saya kerja. Jadi nggak nonton. Kalau saya lihat photonya itu semuanya anak-anak Aspire Academy Qatar. Kalau saya lihat photonya, itu Jerseynya Timnas Qatar," kata Agus saat dikonfirmasi oleh INDOSPORT.

image article indosportAndri Syahputra saat membela Timnas Qatar U-18 melawan Timnas Inggris Junior.

Andri Syahputra merupakan putra asli Indonesia yang mengasah kemampuan sepakbolanya bersama klub Qatar, Al-Gharafa, hingga kemudian dipanggil untuk masuk ke Aspire Football Academy Qatar. 

Karier Andri di Qatar terbilang cukup moncer. Bersama Aspire Academy, Andri berhasil menjadi top skor Liga Utama Qatar selama tiga musim berturut-turut. Beberapa klub di Eropa pun dikabarkan kepincut untuk mengajaknya bergabung.

Maklum selama menimba ilmu di Aspire Academy, Andri kerap dikirim untuk menjalani trial bersama beberapa klub elite Eropa seperti, Villarreal, Bayer Leverkusen, dan VfB Stuttgart.

PSSI mengundangnya untuk pulang dan mengikuti seleksi Timnas U-19 besutan Indra Sjafri yang sedang mempersiapkan diri untuk tampil di ajang Piala AFF U-19. Namun Andri tidak memenuhi panggilan tersebut karena khawatir pendidikannya bakal terganggu.

4K