Deretan Kiper Top Korban Keganasan Carlton Cole

Kamis, 30 Maret 2017 07:07 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Carlton Cole pernah pecundangi kiper top Liga Inggris. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Carlton Cole pernah pecundangi kiper top Liga Inggris.

Persib Bandung tak main-main mempersiapkan skuatnya jelang gelaran Liga 1 musim 2017. Setelah Michael Essien resmi bergabung, giliran mantan pemain Tim Nasional Inggris dan ikon sepakbola West Ham United, Carlton Cole yang merapat ke Gelora Bandung Lautan Api.

Berposisi sebagai penyerang, pemain berusia 33 tahun itu merupakan produk akademi Chelsea. Bersama The Blues sejak tahun 2001, Cole muda berhasil catatkan 4 gol ke gawang lawan dari 25 penampilan.

Selama lima tahun dikontrak Chelsea, striker bernama lengkap Carlton Michael George Cole itu beberapa kali dipinjamkan ke klub lain guna menambah pengalaman. Mereka adalah Wolverhampton Wanderers, Charlton Athletic, dan Aston Villa.

image article indosportCarlton Cole saat memenangi juara Championship Division.

West Ham yang melihat adanya potensi luar biasa di diri pria kelahiran Croydon, 12 Oktober 1983 tersebut lantas memboyongnya ke Upton Park, markas The Hammers sebelum rata oleh tanah. Tim London Timur itu kemudian membelinya musim 2006/07 dan di sana namanya semakin besar.

Lebih dari 50 gol telah ia rangkum selama berkostum The Claret and Blue. Performa impresifnya bersama West Ham membuat Tim Nasional Inggris memanggilnya tahun 2009. Apalagi ia sudah menjadi langganan di tim junior The Three Lions U-19, U-20, dan U-21.

Cole dielu-elukan oleh suporter West Ham United. Mereka bahkan menganggap penyerang bertinggi badan 191cm itu sebagai legenda dan candu. Salah satu slogan uniknya adalah Sex, Drugs, and Carlton Cole, yang merujuk pada Sex, Drugs, and Alcohol atau Sex, Drugs, and Rock n Roll.

Tak heran memang, sebab banyak gol-gol penting lahir dari kaki kiri, kanan, maupun kepalanya selama membela panji The Hammers. Beberapa kiper top di Liga Primer Inggris juga pernah menjadi korban keganasannya di kotak penalti.

Berikut INDOSPORT merilis siapa saja kiper top yang pernah dibobol oleh Carlton Cole, penggawa anyar Persib Bandung.

290