'Dirugikan' oleh Teknologi Baru, Griezmann Buka Suara

Kamis, 30 Maret 2017 22:46 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
Pemain Atletico Madrid, Antoine Griezmann Copyright: © Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
Pemain Atletico Madrid, Antoine Griezmann

Kekalahan Prancis atas Spanyol dalam laga persahabatan di Stade de France, Prancis, menjadi sorotan media. Pasalnya, kekalahan Ayam Jantan atas La Furia Roja tak lepas dari peran serta teknologi baru yang bernama Video Assistant Referees (VAR).

Sekadar informasi, gol sundulan Griezmann pada menit 48 dianulir oleh VAR. Hal tersebut lantaran sang pemberi assists, Layvin Kurzawa, sudah terlebih dahulu terkena offside dan tertangkap oleh VAR.

Peran penting lainnya yang dibuat oleh VAR adalah saat mengesahkan gol kedua Spanyol yang dicetak oleh Gerard Deulofeu. Berawal pada menit ke-77, Deulofeu berhasil mencetak gol ke gawang Hugo Lloris.

Namun wasit garis telah mengangkat bendera sebelum gol tersebut, yang menandakan bahwa Deulofeu dianggap telah terkena offside. Akan tetapi, sang pengadil lapangan, Felix Zwayer, menerima pesan khusus oleh VAR, dan menganggap bahwa gol yang dicetak pemain Everton itu sah adanya.

Melihat peran penting VAR yang ‘merugikan’ Prancis, bintang Atletico Madrid, Antoine Griezmann, buka suara. Menurutnya, dengan teknologi baru tersebut dirinya kehilangan sedikit apa itu sepakbola.

“Kita harus belajar dari sistem baru ini. Para fans Prancis pastinya tidak menyukai hal ini, namun berbeda halnya dengan para fans Spanyol. Mereka akan menyukainya karena mereka sedang menang,” ucapnya dikutip Marca.

“Dengan teknologi baru ini, kita kehilangan sedikit nilai dari sepakbola. Namun, inilah yang terjadi. Kita harus mengikuti perkembangan zaman,” tambahnya.

1