Liga 2

Persita Menilai Pembagian Grup Liga 2 Untungkan Klub Peserta

Jumat, 31 Maret 2017 19:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Tengku Sufiyanto
© Jerry/Indosport
Pelatih Persita Tangerang, Bambang Nurdiansyah (tengah). Copyright: © Jerry/Indosport
Pelatih Persita Tangerang, Bambang Nurdiansyah (tengah).

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah melakukan pembagian grup untuk 60 klub peserta Liga 2. Puluhan klub tersebut itu tersebar dalam delapan grup dengan masing-masing grup ada yang diisi delapan, tujuh, dan enam tim . 

Dari grup 1-5 masing-masing diisi oleh delapan tim peserta, kemudian grup 6 dan 7 dengan tujuh peserta, serta grup 8 hanya dihuni oleh 6 tim. 

Hasil pembagian grup itu sendiri dinilai cukup idela dan menguntungkan klub peserta dari sisi finansial khususnya pengeluaran untuk biaya transportasi.     

"Pembagian grup ini menurut saya cukup bagus karena memang menguntungkan dari segi pembiayaan untuk transportasi. Sekarang kan semua grup kandang tandang tetapi dengan kota yang saling berdekatan kecuali di grup 8 di Papua yang home turnamen," ujar pelatih Persita Tangerang, Bambang Nurdiansyah.

image article indosportPersita Tangerang kontra PSS Sleman di laga ISC B 2016.

Meski demikian, Bambang Nurdiansyah menyatakan bahwa persaingan antar tim peserta akan semakin ketat. Pasalnya, banyak tim peserta Liga 2 sudah melakukan persiapan matang dengan serangkaian laga uji coba dengan klub papan atas Tanah Air.

"Semua lawan berat karena semua tim telah melakukan persiapan. Menurut saya di grup manapun saat ini tidak gampang, Lampung dan Karawang sudah lakukan uji coba dengan tim besar seperti Sriwijaya, tapi kita belum tur kemana-mana," ujar mantan pelatih Persija Jakarta tersebut.

Bambang Nurdiansyah sendiri akan memimpin Persita Tangerang yang tergabung di Grup 2 bersama Lampung Sakti, PS Bengkulu, Cilegon United, Perserang, Persikad, Persikabo dan Persika Karawang. 

Laga perdana Liga 2 akan kick off pada 19 April di Yogyakarta antara PSS Sleman vs PSCS Cilacap. Sejatinya Liga 2 diikuti oleh 61 tim. Namun ada satu tim yang mengundurkan diri dari Liga 2, yakni Persiwa Wamena.