(VIDEO) Kolo Toure, Pesta, dan Pisang dalam Perayaan Juara Celtic

Senin, 3 April 2017 06:30 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/@ReportUK
Kolo Toure berjoget saat merayakan kemenangan timnya di ruang ganti pemain. Copyright: © Twitter/@ReportUK
Kolo Toure berjoget saat merayakan kemenangan timnya di ruang ganti pemain.

Celtic kembali menjadi juara Liga Primer Skotlandia musim ini, setelah mengalahkan Tynecastle dalam laga tandang dengan skor 0-5. Brendan Rodgers membawa Celtic menjuarai Liga Skotlandia keenam dalam enam musim berturut-turut, dan menjadi gelar ke-48 dalam sejarah Celtic.

Kelima gol Celtic dicetak oleh Scott Sinclair yang mencetak hattrick pada menit 24, 27, dan 84. Stuart Armstrong dan Patrick Robert melengkapi pembantaian Celtic terhadap tuan rumah di menit 55 dan 61.

Selain itu, kemenangan tersebut merupakan kemenangan yang ke-28 dari 30 laga yang telah mereka lakoni. Anak asuh Brendan Rodgers itu telah mengumpulkan 86 poin, unggul 25 poin dari Aberdeen yang berada di posisi kedua. Poin tersebut sudah tidak mungkin lagi dikejar karena pertandingan menyisakan delapan laga.

Pasca pertandingan pun, skuat Celtic merayakan status juara mereka di ruang ganti pemain. Beberapa di antara mereka ada yang merayakannya dengan membuka botol sampanye sambil melompat-lompat kegirangan.

Tidak hanya di situ saja. Mantan pemain Liverpool, Kolo Toure, yang juga merupakan pemain Celtic turut serta merayakan status timnya sebagai jawara Liga Primer Skotlandia. Pemain berusia 36 tahun tersebut merayakannya sambil berjoget, yang juga diikuti oleh rekan-rekannya.

Uniknya, dalam perayaan tersebut terdapat buah pisang di meja, bersama dengan beberapa minuman lainnya. Pisang dikenal sebagai simbol ‘buah simalakama’ untuk beberapa pesepakbola, terutama mereka yang berkulit hitam atau berasal dari Amerika Latin. Hal itu dikarenakan para suporter yang kerap kali menggunakan pisang sebagai ungkapan kebencian mereka terhadap seseorang.

Walau begitu, buah pisang memiliki banyak kegunaan untuk seorang pesepakbola, seperti menambah fungsi kalium hingga bisa memaksimalkan fungsi otot atau membantu penambahan karbohidrat sehingga pemain tidak kehabisan tenaga.

Mungkin, fungsi pisang tersebut-lah yang membuatnya ada dalam pesta perayaan Celtic di ruang ganti. Terlebih letak pisang yang berdekatan dengan Toure, bisa saja kakak dari Yaya Toure ini menggunakan pisang untuk memaksimalkan fungsi ototnya, serta penambahan karbohidrat untuk dirinya bermain, mengingat umurnya yang sudah tak lagi muda sebagai seorang pesepakbola.

335