Undang Argentina dan Spanyol, Ini Tujuan Sepakbola Perdamaian

Rabu, 5 April 2017 15:19 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© Uni Papua
Logo Football for Peace Copyright: © Uni Papua
Logo Football for Peace

Indonesia akan kedatangan sejumlah negara-negara sahabat pada Mei 2017 nanti. Kedatangan para negara sahabat ini untuk mengikuti event Football for Peace. 

Event Football for Peace digagas oleh organisasi sosial, Uni Papua. Dalam keterangannya yang disampaikan ke INDOSPORT, Harry Widjaja menjelaskan bahwa ada tiga tujuan digelarnya event ini. 

"Yang pertama mengkampanyekan perdamaian melalui sepakbola, ini merupakan event pertama di Indonesia yang tajuk seperti itu. Kedua, membangun dan memelihara persahabatan antara Indonesia dengan negara dan komunitas internasional lainnya," 

Sedangkan untuk yang ketiga, event Football for Peace juga bertujuan untuk merayakan hari Kebangkitan Nasional. Terakhir event yang rencananya akan berlangsung pada 19-21 Mei nanti bertujuan untuk menggunakan sepakbola bukan hanya sekedar permainan namun sebagai alat promosi nilai kemanusian dan sosial. 

Pada event Football for Peace akan dihelat pertandingan mini soccer dengan sistem '7 a side'. Sistem mini soccer ini juga baru diperkenalkan di Indonesia pada event ini. 

Rencananya ada negara-negara seperti China, Korea Utara, Arab Saudi, Meksiko, Argentina, Spanyol, dan komunitas internasional lain yang akan hadir pada acara ini. 

Selain itu ada juga acara gala dinner yang diikuti oleh mantan pemain Timnas Indonesia yang jadi duta untuk Uni Papua, Ortisan Sollosa. 

697