Bundesliga Jerman

(CUPLIKAN GOL) Hoffenheim 1-0 Munchen: Patahkan Dominasi

Rabu, 5 April 2017 03:12 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/TSG Hoffenheim EN
Hoffeinheim mengalahkan Bayern Munchen, Rabu (05/04/17). Copyright: © Twitter/TSG Hoffenheim EN
Hoffeinheim mengalahkan Bayern Munchen, Rabu (05/04/17).

Babak I

Tuan rumah Hoffenheim tampil lebih agresif di awal babak pertama. Mereka melakukan percobaan pertama untuk mengoyak gawang Sven Ulreich di menit kedua. Namun tendangan dari penyerang Andrej Kramaric masih bisa dihalau. Lima menit berselang, Die Kraichgauer mendapat peluang kedua lewat sundulan Niklas Sule. Sayang tembakannya masih terlalu mengarah ke kiri.

Bayern mendapat peluang besar di menit ke-11 saat Rafinha memberikan umpan kepada Robert Lewandowski. Namun lesakan pemain Polandia itu masih bisa diblok. 

Gelandang Bavarians, Arturo Vidal, mendapat dua kali peluang emas di menit 14 dan 16. Namun percobaannya yang pertama terlalu ke kanan dan tendangan keduanya mampu ditangkap Oliver Baumann.

Ancaman yang sedari awal ditebar Kramaric mampu berbuah gol pembuka bagi tuan rumah di menit ke-21. Ia melayangkan tendangan voli dari tepi kotak penalti. Tendangan kerasnya melewati tangan Ulreich dan meluncur langsung ke sudut atas gawang Bayern.

Bayern yang menurunkan tempo permainan, mendapat peluang lagi di menit ke-38. Umpan dari Mats Hummel belum mampu dituntaskan oleh Kingsley Coman yang menembak dari luar kotak penalti. Berbarengan, Lewandowski dinyatakan offside saat peluang itu terjadi. 

Kerem Demirbay nyaris menggandakan keunggulan untuk Hoffenheim di menit ke-40. Sayang tendangannya masih bisa ditangkis kiper Bayern. Namun hingga peluit tanda jeda pertandingan ditiup, tak ada lagi gol tercipta. Hoffenheim pun unggul 1-0 dalam pertandingan babak pertama atas Bayern Munchen.

Babak II

Di permulaan babak kedua, tak ada tim yang melakukan pergantian pemain.  Sandro Wagner mendapat peluang pertama untuk Hoffenheim di menit ke-50. Namun tendangan dari luar kotak penaltinya masih melebar ke arah kanan.

Lima menit berselang, ganti Lewandowski yang mengancam gawang Baumann. Namun umpan dari Arjen Robben itu masih bisa diselamatkan kiper tuan rumah. Belum mampu membobol gawang Hoffenheim, Lewandowski malah mendapat kartu kuning pertama. Di menit ke-60, ia menjatuhkan Kevin Vogt.

Lewandoski akhirnya membuat peluang pamungkas di menit 90+3. Namun lagi-lagi Baumann melakukan penyelamatan gemilang dengan ujung jarinya.

Kedudukan tak berubah hingga waktu tambahan empat menit yang diberikan wasit habis. Hoffenheim sukses mematahkan rekor 15 laga tak terkalahkan Bayern di Bundesliga dengan hasil akhir 1-0. 

Susunan Pemain

Hoffenheim (3-2-3-2):

Oliver Baumann; Niklas Sule, Kevin Vogt, Benjamin Hubner; Jeremy Toljan, Steven Zuber, Sebastian Rudy, Kerem Demirbay; Nadiem Amiri, Andrej Kramaric; Sandro Wagner

Cadangan: Alexander Stolz, Ermin Bicakcic, Eugen Polanski, Pirmin Schwegler, Mark Uth, Marco Terrazzino, Adam Szalai

Pelatih: Julian Nagelsmann

Bayern Munchen (4-2-3-1)

Sven Ulreich; Rafinha, Javier Martinez, Mats Hummels, David Alaba; Renato Sanches, Xabi Alonso; Arturo Vidal, Kingsley Coman, Arjen Robben; Robert Lewandowski

Cadangan: Franck Ribery, Jerome Boateng, Juan Bernat, Felix Gotze, Philipp Lahm, Tom Starke, Joshua Kimmich

Pelatih: Carlo Ancelotti

457