Demi Kualitas Liga 1 dan 2, Seluruh Wasit Wajib Tes Fisik serta Psikologi

Senin, 10 April 2017 14:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Tengku Sufiyanto
© Petrus Manus Da Yerrimon/Indosport
AFC memberikan penataran kepada sejumlah wasit yang bakal memimpin kompetisi di Indonesia. Copyright: © Petrus Manus Da Yerrimon/Indosport
AFC memberikan penataran kepada sejumlah wasit yang bakal memimpin kompetisi di Indonesia.

Departemen dan Komite Wasit Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menyiapkan ratusan perangkat pertandingan di Liga 1 dan 2. Untuk Liga 1 ada 100 perangkat pertandingan yang terdiri dari 45 wasit utama dan 55 asisten wasit. Sementara untuk Liga 2 ada 160 perangkat pertandingan.

Namun sebelum beraksi di dalam lapangan, seluruh perangkat pertandingan diwajibkan untuk mengikuti tes fisik dan psikologi. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kompetisi Liga 1 dan 2.

Tak hanya itu, perangkat pertandingan yang khusus memimpin Liga 1 dan 2 terlebih dahulu mendapat penataran tentang peraturan terbaru dari AFC dan FIFA.

© Miguel Tovar/LatinContent/Getty Images
Ilustrasi wasit berikan kartu merah. Copyright: Miguel Tovar/LatinContent/Getty ImagesIlustrasi wasit berikan kartu merah.

"Untuk wasit yang akan bertugas di Liga 1 baru akan diketahui hari ini, Senin (10/04/17). Karena akan ada fitness tes di Stadion Rawamangun. Hasil itu baru diketahui berapa yang lulus dan tidak, yang lulus akan dipakai memimpin Liga 1," ujar Yesayas Leihitu, salah satu anggota Komite Wasit PSSI.

"Selesai tes kembali ke kelas akan berhadapan dengan komite etik yang beri bekal bagi mereka agar ke depan dapat masukan seperti apa. Lalu sebelum pulang akan ada psikotes untuk mengetahui sejauh mana watak dan pemikiran mereka untuk memecahkan masalah di lapangan," sambungnya.

78