Liga Champions

Allegri: Lini Pertahanan Barcelona Buruk!

Selasa, 11 April 2017 20:24 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© Chris Brunskill Ltd/Getty Images
Massimiliano Allegri saat konferensi pers. Copyright: © Chris Brunskill Ltd/Getty Images
Massimiliano Allegri saat konferensi pers.

Juventus akan menjamu Barcelona dalam ajang perempatfinal leg pertama Liga Champions 2016/17 pada Rabu (12/04/17) dini hari WIB di Juventus Stadium. Menjelang pertandingan tersebut, pelatih Si Nyonya Tua, Massimiliano Allegri menuturkan pendapatnya mengenai rivalnya.

Pelatih asal Italia itu menyebutkan bahwa hingga kini tim berjuluk Blaugrana itu terus berkembang menjadi tim yang kuat. Apalagi saat ini, tim asuhan Luis Enrique itu tengah berada di posisi kedua La Liga Spanyol dengan raihan 69 poin. Ditambah lagi dengan adanya trio MSN, yaitu Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar Jr yang selalu dijadikan sebagai ujung tombak oleh sang pelatih.

Walaupun begitu, Allegri menyebutkan bahwa tim yang berbasis di Catalunya itu merupakan tipe klub dengan gaya andalan menyerang. Maka dari itu, sistem pertahanan menjadi kelemahan dari klub Barca.

"Mereka bermain dengan tipe menyerang. Ketika dalam posisi bertahan, akan ada banyak celah kosong yang bisa menjadi kelemahan mereka," jelasnya dilansir Football Italia.

"Namun, jika bola sudah berada di pihak mereka, mereka akan bisa menjadi berbahaya bagi tim lawannya," lanjut pelatih berusia 49 tahun tersebut.

© Twitter/Squawka News
Luis Suarez selebrasi usai mencetak gol pembuka dalam laga Barcelona vs Sevilla, Kamis (06/04/17). Copyright: Twitter/Squawka NewsPara pemain Barcelona dinilai Massimiliano Allegri lemah dalam bertahan.

Selain itu, pelatih kelahiran 1967 silam tersebut juga menuturkan taktik apa yang harus dilakukan oleh para penggawanya. Bukan menjadikan timnya sebagai tim dengan gaya menyerang atau gaya bertahan, melainkan Allegri ingin menggunakan keduanya dengan seimbang.

"Harus lebih bertahan atau menyerang? Tentu keduanya penting dalam dunia sepakbola. Lalu, untuk bisa melaju ke babak berikutnya, juga diperlukan sebuah keberuntungan. Namun tentu saja Anda harus bisa bermain dengan sangat baik dalam dua pertandingan," tuturnya.

"Yang terpenting juga ialah Anda harus bisa bermain baik di sana, bermain dengan cara tertentu, dan percaya bahwa kita bisa mengalahkan Barcelona."

© Laurence Griffiths/Getty Images
Luis Enrique dan Massimiliano Allegri pada laga Liga Champions 2015. Copyright: Laurence Griffiths/Getty ImagesLuis Enrique dan Massimiliano Allegri pada laga Liga Champions 2015.

Hingga saat ini, Juventus dan Barcelona baru pernah bertemu tiga kali dalam ajang Liga Champions. Namun, Allegri hanya baru bertemu satu kali dengan Barcelona kala dirinya mengarsiteki klub tersebut pada tahun 2015 silam dan harus menelan kekalahan dengan skor 1-3. 

Walaupun hanya baru pertama kali bertemu, bagi Allegri, pertemuannya dengan Barcelona dini hari nanti sudah seperti pertemuan yang ke-10. Pasalnya, sebelum dirinya melatih klub Juventus, saat ia mengarsiteki klub AC Milan, Allegri telah membawa mantan klubnya untuk bertemu dengan Barcelona sebanyak 8 kali dari tahun 2011. 

Dari total 8 pertandingan tersebut, Allegri hanya mampu membawa timnya meraih satu kemenangan saja. 3 pertandingan lainnya berakhir imbang serta 4 kemenangan diraih oleh klub Barca.

Walaupun begitu, dengan total 9 pertemuan dirinya dengan Barca, tentu akan menjadi modal besar bagi Allegri dalam menghadapi pertandingan nanti.

264