Bukan Ronaldo, Striker Sporting Lisbon Siap Bersaing dengan Messi Demi Sepatu Emas

Selasa, 11 April 2017 00:25 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP/Getty Images
Penyerang Sporting Lisbon, Bas Dost merayakan gol yang ia cetak ke gawang Boavista. Copyright: © PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP/Getty Images
Penyerang Sporting Lisbon, Bas Dost merayakan gol yang ia cetak ke gawang Boavista.

Lionel Messi mendapat pesaing baru di Eropa dalam urusan mencetak gol. Penyerang Sporting Lisbon, Bas Dost masuk sebagai kandidat kuat peraih Sepatu Emas.

Terakhir, Dost mencetak tiga gol saat tim yang ia bela mengalahkan Boavista dengan skor 4-0 akhir pekan kemarin. Hattrick tersebut sekaligus menjadikan golnya bertambah menjadi 27 dari 25 penampilan.

Catatan tersebut membuat namanya sejajar dengan Messi. Jika dihitung berdasarkan sistem poin European Sports Media, Bost dan penyerang Barcelona itu memiliki 54 poin.

European Sports Media sendiri merupakan asosiasi khusus di Eropa yang menjadi rujukan penilaian atau publikasi mengenai hal-hal yang terkait dengan sepakbola sejak pertengahan 90-an silam. Mereka juga yang memberikan Sepatu Emas sejak musim 1996/97.

Pelatih kepala Sporting Lisbon, Jorge Jesus yakin striker andalannya itu bisa merajai daftar top skor Liga Portugal. Bahkan ia sesumbar jika pemain asal Belanda tersebut bisa bersaing dengan penyerang-penyerang top Eropa.

"Dia akan finis sebagai top skor Liga Portugal. Di Eropa, Dost akan menyaingi Messi, Robert Lewandowski, dan Edinson Cavani," kata Jesus seperti dilansir laman resmi klub.

Hingga detik ini, rata-rata gol Dost sebenarnya masih lebih baik ketimbang Messi. Sama-sama mencetak 27 gol, La Pulga melakukannya dari 27 penampilan, sementara Dost hanya dalam 25 pertandingan.

477