Hadapi Mantan, Kroos Teringat Kenangan Manis di Munchen

Rabu, 12 April 2017 01:23 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Alexander Hassenstein/Bongarts/Getty Images
Toni Kroos diguyur bir oleh pelatih kepala Pep Guardiola saat menjuarai Bundesliga 1 bersama Munchen. Copyright: © Alexander Hassenstein/Bongarts/Getty Images
Toni Kroos diguyur bir oleh pelatih kepala Pep Guardiola saat menjuarai Bundesliga 1 bersama Munchen.

Gelandang Real Madrid, Toni Kroos langsung teringat akan masa-masa indah kala masih berseragam Bayern Munchen. Padahal ia dan timnya akan bertanding di perempatfinal Liga Champions.

Kroos bergabung dengan The Bavarian dari Hansa Rostock saat usianya masih 16 tahun. Pemain Tim Nasional Jerman itu kemudian tampil di lebih dari 200 laga di semua kompetisi sebelum akhirnya hijrah ke Madrid pada tahun 2014 silam.

Kamis (13/04/17) dini hari nanti akan menjadi kali pertama baginya kembali ke Allianz Arena sejak hengkang ke Santiago Bernabeu. Kroos menceritakan kenangan-kenangan saat masih berseragam Munchen.

"Waktu saya pindah ke Munchen, saya harus meninggalkan rumah untuk pertama kali. Berat bagi saya ketika itu. Dan saya sudah harus bersikap profesional, baik di dalam maupun luar lapangan. Saya sudah harus belajar mengatur hidup saya, dan itu sangat sulit dilakukan di usia 16 tahun," kenang Kroos kepada UEFA.com.

© Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
Caption Copyright: Gonzalo Arroyo Moreno/Getty ImagesKroos rayakan keberhasilannya mencetak gol.

"Bukannya mau sombong, saya bisa cepat beradaptasi, saya langsung memainkan debut profesional, dan menembus skuat utama di Munchen relatif cepat. Setelah 18 bulan dipinjamkan ke Leverkusen, saya mulai sering bermain di tim utama," tambahnya lagi.

Pemain berusia 27 tahun itu menjadikan Munchen sebagai klub favoritnya. Ia mengaku masih mengikuti perkembangan FC Hollywood sesering mungkin.

"Banyak gelar yang saya menangkan, saya bermain dengan pemain dan pelatih top, banyak kenangan di sana. Bayern menempati ruangan spesial di perjalanan karier saya. Saya selalu mengikuti perkembangan terbaru Bayern," pungkasnya.