Profil Tim Liga 1 Indonesia

Arema FC: Paduan Darah Muda dan Senior Bermental Baja

Kamis, 13 April 2017 06:44 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Arema FC akan menjadi salah satu pesaing juara di Liga 1 2017. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Arema FC akan menjadi salah satu pesaing juara di Liga 1 2017.

Arema FC kembali menjadi salah satu klub unggulan dalam gelaran Gojek Traveloka Liga 1 2017. Klub asal Malang, Jawa Timur, ini telah membuktikan kualitasnya di turnamen pra musim.

Arema berhasil menyabet gelar perdana di tahun 2017 ini, usai menjadi juara di Piala Presiden 2017. Meski tidak menjadi indikator, tapi turnamen tersebut membuktikan bagaimana solidnya skuat yang akan bermarkas di Stadion Kanjuruhan, Malang tersebut.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim.
Perayaan gelar juara Piala Presiden 2017 oleh Arema FC. Copyright: INDOSPORT/Herry Ibrahim.Perayaan gelar juara Piala Presiden 2017 oleh Arema FC.

Meski harus ditinggal sejumlah penggawa utamanya seperti Raphael Maitimo yang berlabuh di Persib Bandung, Arema FC dipercaya tak kehilangan kekuatannya jelang Liga 1. Arema FC tetap akan mengandalkan kekuatan di pundak Cristian Gonzales.

Selain itu, Esteban Vizcarra juga diyakini tetap akan menjadi motor serangan Arema di Liga 1. Ujian sesungguhnya skuat berjuluk Singo Edan ini akan dibuktikan saat melawat ke kandang Persib Bandung di laga pembuka Liga 1.

Pemain Masuk: Jad Noureddine, Dalmiansyah Matutu

Pemain Keluar: Ryuji Utomo, Raphael Maitimo, Felippe Bertoldo

Pelatih: Aji Santoso

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Twitter Aream
Pelatih Arema FC, Aji Santoso. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Twitter AreamPelatih Arema FC, Aji Santoso.

Aji Santoso resmi menggantikan Milomir Seslija usai gelaran Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 lalu. Tugas pertama yang diemban Aji adalah Piala Presiden 2017.

Ujian ini mampu dijalani mantan kapten Timnas Indonesia ini dengan gemilang. Aji berhasil membawa Singo Edan menjadi juara dalam turnamen pra musim yang diikuti oleh 18 klub peserta Liga 1 lain.

Pelatih berusia 47 tahun ini memiliki ciri khas tersendiri dalam gaya kepelatihannya. Pelatih yang pernah menukangi Timnas U-23 Indonesia ini sukses memadukan pemain senior dan junior.

Pun di saat regulasi soal 3 pemain U-23 yang wajib dimainkan kala berlaga di Piala Presiden 2017. Perpaduan nama muda dan senior berpengalaman seperti Hanif Sjahbandi, Bagas Adi Nugroho, Esteban Vizcarra, Adam Alis, dan Cristian Gonzales sukses menjadi aktor juara Arema di Piala Presiden 2017.

Player to Watch: Cristian Gonzales

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/TSC
Cristian Gonzales. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/TSCCristian Gonzales menjadi pemain kunci Arema FC musim ini.

Hampir pudar kariernya saat berlabuh di Arema FC, sosok Cristian Gonzales justru kembali menjadi 'emas' saat bergabung di tahun 2013. El Loco, demikian sebutan karibnya, tak bisa dilepaskan dari skuat utama Arema sejak saat itu. 

Total El Loco telah menorehkan 55 gol dari 90 penampilannya bersama Arema FC. Teranyar, pemain berusia 40 tahun ini pun masih moncer sebagai seorang striker.

El loco sukses menjadi top skor di gelaran Piala Presiden 2017. Saat itu, Gonzales mencetak 10 gol dari 7 laga sepanjang gelaran tersebut.

Bahkan El Loco mampu mencetak 5 gol dalam satu laga kala meladeni Semen Padang di babak semifinal. Tambahan 2 gol di laga final menjadi bukti ketajaman El Loco meski sudah memasuki usia senja.

Prediksi:

Berbekal catatan gemilang semenjak dipegang Aji Santoso, layak saja menjadikan Arema FC sebagai salah satu kandidat kuat juara di Liga 1 musim ini. Kian matangnya skuat Arema FC dengan bekal jam terbang yang nyaris merata membuat skuat Singo Edan dipercaya bakal menjadi pesaing kuat bagi Persib Bandung, Madura United, atau pun Persipura Jayapura musim ini.

Meski belum mengumumkan skuat utamanya musim ini, kekuatan Arema FC memiliki keseimbangan yang mumpuni. Belum lagi jam terbang sebagian pemain di kancah Timnas Indonesia yang membuat Johan Alfarizi dan kawan-kawan patut diperhitungkan musim ini.

Kurnia Meiga, Beny Wahyudi, Adam Alis, Ahmad Bustomi, dan Cristian Gonzales merupakan serangkai nama yang sempat membela taji Garuda di Timnas Indonesia. Belum lagi, Hanif Sjahbandi dan Bagas Adi Nugroho yang mewakili generasi baru Arema FC di Skuat Garuda Muda.

349