(CUPLIKAN GOL) Southampton 0-3 Man City: 3 Poin Berharga

Minggu, 16 April 2017 01:26 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© GLYN KIRK / Stringer / Getty Images
Skuat Manchester City merayakan gol Aguero. Copyright: © GLYN KIRK / Stringer / Getty Images
Skuat Manchester City merayakan gol Aguero.

Manchester City melakukan kunjungannya ke St. Mary Stadium, markas Southampton, dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-33. Pada laga kali ini, anak asuh Pep Guardiola menang telak dengan skor 3-0.

Babak Pertama

Bertandang ke kandang Southampton, anak asuh Pep Guardiola di atas kertas seharusnya mampu meladeni perlawanan skuat Claude Puel. Ditambah lagi, The Citizens membutuhkan 3 poin guna menempel ketat Liverpool yang berada di atasnya, yang memiliki selisih 2 poin, dan menjauhkan jarak mereka dari Everton yang berada di bawahnya dengan 57 poin.

Keinginan tim tamu untuk meraih poin penuh pun terlihat saat pertandingan babak pertama di mulai. Pertandingan baru berjalan 4 menit, namun Sergio Aguero telah memaksa lini pertahanan Soton kewalahan.

Beruntung, usaha penyerang Timnas Argentina itu masih belum membuahkan hasil dan hanya menciptakan tendangan mati untuk pihak tuan rumah. Penguasaan bola hingga menit  20 pun dikuasai oleh anak asuh Guardiola dengan 70 persen.

Kesempatan datang saat David Silva memberikan umpan manis kepada Kevin De Bruyne di menit 28. Sayang, tendangan gelandang serang asal Belgia itu masih berhasil ditahan oleh Fraser Forster.

Berkali-kali The Citizens terus melakukan upaya untuk dapat mencetak gol. Namun, hingga babak pertama usai, skor kacamata menghiasi papan skor di St. Marry Stadium.

Babak Kedua

Di babak kedua kali ini, Manchester City berusaha untuk bermain terbuka guna mencuri gol dari rapatnya lini pertahanan tuan rumah. Hal tersebut pun membuahkan hasil pada menit 55.

Berawal dari tendangan pojok David Silva, sang kapten Vincent Kompany yang berada di jantung pertahanan tuan rumah pun langsung menyundulnya bola lambung tersebut dengan baik. Skor 1-0 Manchester City memimpin.

Berhasil mencetak satu gol, membuat anak asuh Guardiola seakan menggila. Mereka semakin bermain terbuka, dengan terus menggempur lini pertahanan tuan rumah. Gol pun kembali tercipta di menit 78.

Berawal dari serangan balik, De Bruyne yang berlari di sisi kiri pertahanan Soton memberikan umpan datar kepada Leroy Sane. Pria berambut kriting itu pun mampu memanfaatkan umpan tersebut dengan baik dan mengubahnya menjadi sebuah gol. 2-0 The Citizens memimpin.

Unggul dua gol lantas tidak memuaskan diri untuk tim tamu. Buktinya, sang penyerang Sergio Aguero berhasil menambah jauh keunggulan di menit 80. De Bruyne kembali memberikan assist-nya pada pertandingan kali ini, setelah umpan lambungnya di sisi kiri pertahanan lawan berhasil disundul dengan baik oleh Aguero. 3-0 Man City memenangkan pertandingan.

Kemenangan ini merupakan kemenangan berharga untuk The Citizens, guna menjauhkan diri dari kejaran Everton, dan memanaskan duel bersama Liverpool dalam zona Liga Champions. Kini, Man City berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan 64 poin, unggul 1 poin dari The Reds yang berada di posisi 4, dan 7 poin dari Everton yang berada di posisi 5.

486