Bundesliga Jerman

(REVIEW) Leverkusen 0-0 Munchen: Die Roten Tumpul

Minggu, 16 April 2017 01:40 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Maja Hitij / Staff / Getty Images
Joshua Kimmich saat berebut bola dengan pemain Bayer Leverkusen. Copyright: © Maja Hitij / Staff / Getty Images
Joshua Kimmich saat berebut bola dengan pemain Bayer Leverkusen.

Babak I

Tim tamu tampil lebih agresif di menit-menit pertama. Mereka melakukan percobaan pertama di menit kedua, bermula dari umpan Joshua Kimmich, Alcantar yang mendapat boal berhasil menusuk ke dalam kotak penalti, namun berhasil diamankan oleh Bernd Leno.

Sepuluh menit berselang, tuan rumah mendapat peluang melalui Jedvaj hasil umpan silang Aranguiz dari sisi kiri, namun tembaknya masih melebar dari gawang Neuer.

Hingga menit ke-20, tuan rumah masih kesulitan menguasai pertandingan. Kevin Kampl mencoba bermain satu dua sentuhan bersama Julian Brandt, namun bola tersebut berhasil diambil oleh pemain Bayern.

Tuan rumah mendapat peluang emas melalui serangan balik yang dibangun oleh Kampl dimenit ke-31 yang berhasil menusuk ke area kotak penalti melalui sisi kanan pertahanan Bayern, kemudian memberikan umpan ke Brandt, namun bola sepaknya hanya berbuah tendangan gawang.

Menguasai jalannya pertandingan, Beyern nyaris membuka keunggulan. Peluang dimenti ke-33, bermula dari serangan sisi kiri lini serang Bayern, Kimmich yang berhasil mengecoh bek lawan, berhasil memberikan umpan ke Alaba. Namun sepakannya masih bisa blok pemain belakang. Bola rebound diudara juga tak mampu dimanfaatkan Vidal, sundulannya yang mengarah ke gawang kosong berhasil dihalau Toprak yang segera menyapu bola.

Peluang kembali didapat oleh Vidal, tendangan volinya hasil umpan silang Coman hanya melebar dari gawang Leno. Hingga peluit tanda jeda pertandingan ditiup, tak ada gol tercipta. Leverkusen berhasil menahan imbang Munchen di awal babak pertama.

Babak II

Tak ada tim yang melakukan pergantian pemain hingga kick off babak kedua dimulai. sepuluh menit pertama babak kedua, Bayern berhasil menguasai pertandingan hingga setengah lapangan dalam melakukan serangan. 

Peluang di dapat Bayern di menit ke-53, Costa yang berhasil merangsek dari sisi kanan ke dalam kotak penalti berhasil memberikan umpan tarik untuk Muller. Namun, bola sontekan Muller hanya mengarah ke sisi kiri gawang Leno. 

Berselang lima menit kemudian, pelaung kembali didapat oleh Vidal yang berhasil menerima umpan terobosan dari Alcantara, namun tembakannya berhasil diblok bek Leverkusen dan hanya menghasilkan sepakan pojok.

Tuan rumah berinisiatif keluar dari tekanan, dimenit ke-58 Leverkusen mempunyai peluang dari Baumgartlinger, namun sayang sepakannya dari luar kotak penalti masih jauh dari sasaran. Bola hanya melebar ke kiri gawang Neuer.

Petaka menghantui tuan rumah di menit ke-59, Tin Jedvaj harus mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar Muller. Tendangan bebas di dapat Bayern. Eksekusi Alaba hanya melambung di gawang Leno.

© Maja Hitij / Staff / Getty Images
Caption Copyright: Maja Hitij / Staff / Getty ImagesKimmich saat berebut bola dengan pemain Bayer Leverkusen.

Menit ke-73 Neuer melakukan kesalahan, bola lemparannya berhasil dipotong Bellarabi, dirinya berdiri bebas tanpa pengawalan dan menendang bola dari luar kotak penalti, namun hanya melebar ke kanan gawang Bayern.

Dimenit ke 85, Munchen mendapat peluang emas melalui Lahm yang meneruskan bola datar umpan dari Muller, namun sayang bola hasil sepakan Lahm hanya melaju lurus ke kanan gawang Leno.

Dimenit injury time 90+1, tuan rumah nyaris membuat gol diujung laga, Volland mendapat membawa bola melihat Neuer berada jauh dari gawang, berinisitif menendang dari tengah lapangan, namun hanya mengarah ke sisi kanan gawang Bayern.

Kedudukan tak berubah hingga waktu tambahan empat menit yang diberikan wasit habis dengan hasil akhir 0-0. Leverkusen sukses menahan imbang Bayern yang tampil agresif. 

Susunan Pemain

Bayer Leverkusen (4-2-3-1):

Bernd Leno, Omer Toprak, Tin Jedvaj, Roberto Hilbert, Wendell, Julian Baumgartlinger, Charles Aranguiz, Kevin Kampl, Kai Havertz, Julian Brandt, Kevin Volland.

Cadangan: Alexander Dragovic, Leon Bailey, Stefan Kiessling, Admir Mehmedi, Ramazan Oezcan, Karim Bellarabi, Benjamin Henrichs.

Pelatih: Tayfun Korkut

Bayern Munchen (4-2-3-1):

Manuel Neuer, Javier Martinez, David Alaba, Rafinha, Juan Bernat, Arturo Vidal, Joshua Kimmich, Thiago Alcantara, Kingsley Coman, Douglas Costa, Thomas Muller.

Cadangan: Arjen Robben, Xabi Alonso, Raphael Obermair, Philipp Lahm, Sven Ulreich, Renato Sanchez, Nicolas Fledhahn.

Pelatih: Carlo Ancelotti

69