Liga 1 Indonesia

KITAS Essien dan Cole Tak Kunjung Keluar, Ini Alasannya

Selasa, 18 April 2017 20:56 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Rizky Pratama Putra
© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Manager Meeting dan Preskon Liga 1 Indonesia. Copyright: © Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Manager Meeting dan Preskon Liga 1 Indonesia.

CEO PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), selaku operator resmi Liga 1, Risha Adi Wijaya, mengungkapkan jika pihaknya telah memberikan tenggat waktu kepada pihak klub untuk menyelesaikan urusan KITAS para pemain asing, termasuk dengan Persib Bandung. Proses pembuatan KITAS sendiri idealnya akan selesai dalam waktu satu hingga satu setengah bulan.

PT LIB pun akan memberikan sanksi bagi klub yang tak mampu menyelesaikan urusan KITAS pemain asing sesuai dengan deadline yang telah mereka berikan. Pihak PT LIB juga terus menjalin komunikasi terkait urusan KITAS dengan berbagai instansi terkait termasuk Imigrasi.

"Pandangannya begini, sepakbola adalah hiburan masyarakat banyak marquee player yang merupakan banyak pemain kelas dunia yang sudah dikontrak klub Liga 1, sekarang kita kerja sama dengan instansi terkait dan semuanya masih proses," ujar Risha kepada INDOSPORT.

© bolaindo
Risha Adi Wijaya Copyright: bolaindoRisha Adi Wijaya, CEO PT Liga Indonesia Baru.

"Kesepakatannya gini, saat pemain sudah dalam proses pembuatan kita menyebutnya bukan kesepakatan tapi kita memberikan keringanan pada tim-tim Liga 1 agar pemain menyelesaikan masalah urusan KITAS sampai 15 Mei (2017) kalau tidak ada ya nanti akan kita berikan suspension atau denda," tambahnya.

Risha juga mengungkapkan jika alasan belum keluarnya KITAS para pemain asing murni karena masalah waktu dan tak ada masalah lain. Oleh karena itu, PT LIB akan mencari jalan keluar terbaik agar tak menganggu bergulirnya Liga 1 yang baru memasuki pekan pertama.

"Kita berkomunikasi dengan imigrasi, kita sudah beritahu dan kalau untuk ada omongan deportasi dari imigrasi kita tidak tahu bisa langsung tanya ke imigrasi," jelas Risha.

"Dari pihak LIB ini semua murni masalah waktu saja untuk pengurusan KITAS karena waktu sangat dekat dan durasinya pendek dan klub-klub itu kan mencari pemain setelah keluar regulasi. Dari sisi kita ini sangat wajar, logisnya semua itu butuh waktu tidak satu dua hari bisa selesai," tutupnya.

344