BOPI Ingin Pemain Asing Tanpa KITAS Termasuk Essien dan Cole Langsung Dideportasi

Rabu, 19 April 2017 15:07 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter@persib
Michael Essien dan Carlton Cole. Copyright: © Twitter@persib
Michael Essien dan Carlton Cole.

Sekjen BOPI, Heru Nugroho, meminta pihak imigrasi berani bertindak tegas terkait Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) pemain asing klub Liga 1, termasuk dua bintang Persib, Michael Essien dan Carlton Cole. Pihak BOPI diketahui telah melaporkan secara resmi pemain-pemain asing klub Liga 1 yang belum memiliki KITAS kepada imigrasi.

Selain deportasi, ancaman pencabutan rekomendasi bergulirnya Liga 1 juga diungkapkan BOPI. Sebelumnya BOPI diketahui telah menyetujui rekomendasi untuk kompetisi kasta tertinggi Indonesia tersebut.

"Kemungkinan dicabut ya kalau kebangetan pasti dicabutlah. Ini (KITAS) baru satu list. Kan dalam kompetisi ini komponennya banyak, ini salah satunya. Dan menurut saya komponen ini satu per satu yuk kita benahi," ujar Heru.

"Hal seperti itu bukan kami yang bisa menjawab. Tapi kalau kita baca undang-undang, ya memang itu (pemain asing tidak punya KITAS) mungkin untuk dideportasi. Itulah yang kami harapkan, pihak imigrasi ya juga harus mendukung kegiatan ini," tambahnya.

BOPI sendiri telah mengumumkan secara resmi jumlah pemain asing di klub Liga 1 yang belum mengantongi KITAS. BOPI ingin agar para pemain asing tersebut tak diturunkan terlebih dahulu sebelum mengantongi izin tinggal sementara tersebut.

"Total ada 25 pemain yang belum punya KITAS dari 11 klub. Tapi saya tidak bisa sebutkan. Liga 1 semua, Liga 2 kan tidak ada asing. 25 pemain itu termasuk Essien dan Cole," jelas Heru.
 

247